Skip to content
Iklan

Macam Macam Peralatan Kaca Laboratorium


Dalam Laboratorium, kita memerlukan peralatan khusus untuk melakukan praktikum, penelitian, pengujian dan sebagainya. Biasa yang digunakan ialah peralatan berbahan kaca, Kenapa yang di gunakan ialah peralatan kaca? Karena kaca ialah bahan yang cukup kuat dan stabil terhadap kebanyakan bahan bahan kimia. Jika menggunakan plastik dan logam akan ada kemungkinan wadah akan meleleh atau ikut bereaksi terhadap senyawa. Sangat banyak peralatan laboratorium yang tersedia. Beberapa diantaranya akan di perkenalkan disini beserta fungsinya.

1. Beaker Glass

Beaker gelas / glass beaker ini berbentuk gelas dan biasa digunakan untuk menampung larutan atau cairan dengan tingkat ketelitian yang sangat rendah. Beaker glass bisa juga digunakan sebagai wadah untuk memanaskan cairan dengan hotplate.

2. Pipet Tetes

pipet tetes

Pipet tetes merupakan salah satu peralatan laboratorium yang digunakan untuk memindahkan atau menambahkan larutan kimia ke bahan kimia lainnya. Biasanya bahan yang dipindahkan ini volumenya sangat sedikit atau hanya beberapa tetes saja. pipet tetes ini memiliki ujung yang runcing sehingga cukup rentan terhadap pecah. ada beberapa pipet tetes yang memiliki hitungan 20 tetes = 1mL

3. Tabung Reaksi

Tabung reaksi

Sumber : yongjing.en.made-in-china.com

Tabung reaksi merupakan salah satu peralatan yang paling umum juga, tabung reaksi tidak memiliki ukuran sama sekali. Karena itulah tabung reaksi ini biasanya digunakan hanya sebagai tempat pengujian reaksi atau wadah campuran yang tidak memerlukan satuan volume. Misalnya uji suatu larutan yang di tetes oleh zat lainnya.

4. Labu Erlenmeyer

labu erlenmeyer

sumber :utahbiodieselsupply.com

Labu erlenmeyer juga dapat digunakan untuk menampung larutan yang cukup banyak dan memiliki ketelitian yang lebih baik dibantingkan beaker glass karena bentuknya yang cekung. Labu erlenmeyer digunakan pada saat titrasi, larutan lebih mudah di kocok dan tidak tumpah. Namun labu erlenmeyer juga bisa di gunakan memanaskan dengan hot plate. Penamaan erlenmeyer di berikan sama dengan nama penemunya yaitu  Emil Erlenmeyer pada tahun 1860

5. Pengaduk Kaca

batang pengaduk

Sumber:abadijayasentosa.blogspot.com

Batang pengaduk / pengaduk kaca ini merupakan alat yang digunakan sebagai pengaduk larutan atau bisa juga untuk mengambil sesuatu di dasar beaker. Biasanya batang pengaduk ini juga digunakan dalam pemisahan campuran dekantasi.

Demikian beberapa alat kaca yang dipakai dalam laboratorium.

Iklan

2 Comments »

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s