mitos dan fakta tentang petir

menambahkan dari post

Kenapa sih Petir bisa mengeluarkan bunyi

kenapa sih petir ko bisa menyambar manusia?

https://i2.wp.com/www.capturedlightning.com/frames/human_LF2.jpg?w=1540

seperti yang sudah dijelaskan pada post sebelumnya bahwa terjadinya petir dikarenakan terjadinya ketidak seimbangan antara muatan positif dan negatif. Nah awan tersebut(pada saat hujan lebat, atau badai, atau semacamnya) bermuatan negatif. Nah untuk menyeimbangkannya maka harus di teruskan ke muatan positif yang berada di bawahnya yaitu seperti menara, pohon, manusia, dan tanah. info nih.. petir itu suka menyambar yang paling dekat dengan dia alias posisinya yg paling tinggi dari yang lainnya di sekitar daerah awan tersebut, makanya petir itu paling suka menyambar menara , gedung gedung tinggi dan pohon. tetapi kenapa manusia juga bisa, itu karena di daerah tersebut posisi paling tinggi adalah manusia tersebut, seperti berada di tengah lapangan , berdiri di persawahan, atau berjalan di jalan yang posisinya dialah yang paling tinggi diantara muatan positif lainnya.

inilah mitos dan fakta seputar petir …

File:Lightning striking the Eiffel Tower - NOAA.jpg

1. “Memakai payung meningkatkan risiko saya tersambar.”

Benar. Meningkatkan tinggi badan Anda dengan jumlah berapapun meningkatkan peluang Anda terkena sambaran petir,

Hal-hal berbahaya lainnya untuk dihindari: menghindari menjadi obyek tertinggi di mana saja, baik itu pantai, perahu terbuka kecil, dermaga, padang rumput. Hindari berada di bawah penangkal petir atau berdiri di dekat pagar besi, pipa bawah tanah, atau jalur logam lain yang dapat memancarkan energi kilat dari serangan dekatnya. Hindari berenang, karena energi petir dapat ditularkan melalui air untuk Anda.

2. “Ketika petir menyentuh tanah di dekatnya, dan telah ‘membumi’ saya aman. “

ini sangat benar-benar SALAH. Kebanyakan “bumi” (tanah) adalah insulator yang sangat baik. Ketika petir menyentuh tanah, menyebar di sepanjang permukaan dan beberapa inci pertama dari tanah dan jika dalam jangkauannya terdapat manusia maka dia akan terkena dampaknya.

3. “Ketika di luar rumah, saya harus jauh dari pohon.”

Sebagian benar. Tentu saja Anda harus jauh dari pohon tertinggi, yang lebih cenderung menjadi sasaran empuk petir dan juga diketahui pohon adalah konduktor yang baik jadi petir akan di teruskan ke tanah dan seperti yang di jelaskan sebelumnya anda tidak aman jika berada dekat apalagi  d bawah pohon tersebut . Namun, orang tidak akan mau menjadi objek tertinggi di daerah tersebut, sebaiknya jika berada di daerah yang sedikit pepohonan dekati pohon yang pendek di daerah tersebut. jadi jauh dari pohon pun sesuai situasinya . Mencari perlindungan di sebuah bangunan yang cukup besar bila memungkinkan disarankan.

4. “Ibu saya selalu mengatakan kepada saya untuk menjauhi telepon (keluar dari bak mandi, jauh dari jendela, cabut peralatan, dll) selama hujan badai. “

Nasihat yang baik. Sekali lagi, efek membumi saat energi ditransmisikan ke dalam struktur di sepanjang kabel atau pipa dapat menemukan seseorang yang lebih baik untuk di aliri. Banyak cedera terjadi setiap tahun untuk pengguna telepon di dalam rumah akibat daripada “membumi” tersebut.

5. “Petir hanya terjadi dengan saat hujan badai.”

Kebanyakan orang mencari perlindungan setelah awan hitam bergemuruh berada di atasnya. Sedikit yang menyadari bahwa salah satu saat yang paling berbahaya bagi serangan fatal petir adalah sebelum hujan. Semakin cepat awan itu bergerak dan lebih ganas petirnya, semakin besar kemungkinan bahwa petir dapat mengenai benda di bumi ketika cerah. Petir dapat melakukan perjalanan sejauh 10 km hampir horizontal dari Thunderhead dan dapat terjadi “dari langit biru jernih” atau setidaknya ketika hari masih sebagian besar cerah.

6. “petir tidak pernah menyerang tempat yang sama dua kali.”

salah. Pada kenyataannya, Empire State Building dan Sears Tower mendapatkan sambaran petir ribuan kali dalam setahun, seperti halnya puncak  gunung dan antena radio-televisi.

masih banyak mitos dan fakta lainnya. jika masih penasaran bisa mengunjungi sumber di bawah ini :

The Science and Myths Behind Lightning Strikes

http://environment.nationalgeographic.com/environment/natural-disasters/lightning-profile/

3 thoughts on “mitos dan fakta tentang petir

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.