Materi Pelajaran

kenali perbedaan reaksi eksoterm dan reaksi endoterm dengan mudah

Advertisements

Contoh :

C(s) + O2(g)   →   CO2(g) + 393.5 kJ ;

ΔH = -393.5 kJ
*reaksi eksoterm terjadi karena ada perpindahan panas/kalor dari lingkungan ke sistem. apa yg dimaksud dengan lingkungan atau sistem ?

segala sesuatu yang menjadi pusat perhatian dalam mempelajari perubahan energi dan berubah selama proses berlangsung disebut sistem, sedangkan lingkungan adalah yang di luar sistem.

contoh simplenya seperti ini guys : ketika kita menyalakan api unggun, panasnya akan terasa ke kita walaupun kita tidak bersentuhan.

Kesimpulan:

1. Intinya yaitu jika melihat entalpi/ΔH negatif (-) berarti reaksi eksoterm

2. Gambar grafik anak panah selalu ke bawah (tanda -)

3. adanya perubahan kalor/panas yang didapatkan dari sistem. (sistem ke lingkungan)

Reaksi Endoterm

Pada  reaksi  terjadi  perpindahan  kalor  dari  lingkungan  ke sistem atau pada reaksi tersebut dibutuhkan panas. Pada reaksi endoterm harga ΔH = positif ( + ) *alasan postif (+) karena kalor diambil dari lingkungan

Contoh :

CaCO3(s) →   CaO(s) + CO2(g)– 178.5 kJ ; ΔH = +178.5 kJ
*reaksi endoterm kebalikan dari reaksi endoterm, yaitu perpindahan kalor/panas dari lingkungan ke sistem.

contoh simplenya seperti ini : tangan yang terasa dingin ketika bersentuhan dengan alkohol. *dikarenakan karena adanya perpindahan kalor/panas dari alkohol (lingkungan) ke tangan (sistem) kita. tangan kita sebagai sistem, alkohol bertindak sebagai lingkungan.

Kesimpulan:

1. Intinya yaitu jika melihat entalpi/ΔH positif (+) berarti reaksi endoterm

2. Gambar grafik anak panah selalu ke atas (tanda +)

3. adanya perubahan kalor/panas yang didapatkan dari lingkungan. (lingkungan ke sistem)

nah sekarang sudah tahu kan perbedaan dari kedua reaksi tersebut .. mudah sekali kok mempelajarinya dan tidak rugi mempelajari ini karena dalam dunia kimia kita tidak lepas dari kedua reaksi tersebut, kita harus mengenal apa yang terjadi ini apakah reaksi eksoterm atau endoterm.

BACA JUGA  Hukum Perbandingan Volume ( Avogadro)

tips mempeljarinya yaitu anda cukup belajar 1 reaksi aja, misalnya pelajari betul-betul reaksi eksoterm, maka untuk reaksi endoterm adalah kebalikannya.

Sekian dari saya semoga bermanfaat 😀

mohon kritik dan saran untuk membangun lebih baik lagi, jika ada pertanyaan ajukan saja.

*tunggu posting dari saya yang lainnya, ikuti ya thankyou 🙂

29 comments

  1. ketika kita menyalakan api unggun, panasnya akan terasa ke kita walaupun kita tidak bersentuhan. : berarti semua reaksi radiasi termasuk eksoterm ya kak?

    1. betul cecil. karena eksotern=menghasilkan energi
      panas termasuk energi.
      jadi energi yang dikeluarkan oleh reaksi , sampai ke kita dalam bentuk panas.
      🙂

  2. @cecil: ya betul sekali tuh apa yg dikatakan kak krisnadwi 😀
    @krisnadwi: thankyou udah bantu jawab 😀

  3. sbnrx sy msh bngung,sbnrx yg mnybabkan ekso atau endo tuh apa?
    cntx NaOH + air (suhu naik=ekso) dan NaCl (suhu trun=endo)..

    1. YAng menyebabkannya ialah sifat dari reaksi tersebut. Misalnya NaOH + Air mengapa eksoterm atau mengeluarkan panas?
      reaksinya NaOH(s) + H2O(l) => Na+ + OH- + H20 + HEAT
      Panas tersebut dikeluarkan karena adanya perbedaan entropi dari reaktan dan produk. Karena hasil reaksi memiliki energi yang lebih rendah. maka energi dari reaktan harus dikeluarkan sebagai panas.

    1. Contoh reaksi eksoterm di ilmu kimia : Saat kita melarutkan kristal NaOH (soda Api) dengan air, akan mengeluarkan udara panas dari larutan tersebut.
      sedangkan reaksi endoterm : saat kita melarutkan larutkan KI (kalium Iodida) terasa dingin pada gelas kaca sebagai wadah kita melarutkan 🙂

      semoga ini bisa menjawabnya 🙂 terimakasih 🙂

  4. Contoh reaksi eksoterm dan endoterm dalam kehidupan sehari-hari apa yah kak ????
    Please… butuh jawaban secepatnya nih. Soalnya besok tugasnya harus di kumpul..

  5. Saya masih bingung menentukan pembentukan standar gt, kdang hasil nya ad tpi terkecoh di + dan –
    it gemana kang?
    Mhon penjelasannya.

    1. biasa kalau pakai contoh lebih mudah. cobadi lihatlihat dlu contohnya.
      kalau menjemur pakaian sih rasanya bukan reaksi kimia. cuma pemanasan saja akibat radiasi.

  6. permisi numpang tanya nih, mohon pencerahannya, apakah semua reaksi memiliki sifat eksotermis dan endotermis? terus jika ada suatu reaksi pembentukan yang menghasilkan lebih dari satu produk, misalkan reaksi ini eksotermis, dan energi yang dibebaskan katakan x kj/mol nah itu kan energi total yang dibebaskan untuk membentuk dua produk, bagaimana cara mengetahui berapa energi yang dibebaskan untuk menghasilkan masing masing produk?

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.