Posted on 1 Comment

Pengolahan karet!

https://encrypted-tbn0.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcS25251ImHqcfu1im56BY9vxF8jO2eANpfKfCpfOoEPiWhrzIOT

Pernah lihat getah pohon karet? Bagaimana ya prosesnya hingga bisa menjadi karet?
Yuk simak ulasannya!


Karet adalah polimer hidrokarbon yang terkandung pada lateks beberapa jenis tumbuhan. Sumber utama produksi karet dalam perdagangan internasional adalah paraatau Hevea brasiliensis (suku Euphorbiaceae). Beberapa tumbuhan lain juga menghasilkan getah lateks dengan sifat yang sedikit berbeda dari karet, seperti anggota suku ara-araan (misalnya beringin), sawo-sawoan(misalnya getah perca dan sawo manila),Euphorbiaceae lainnya, serta dandelion.

Bagaimana karet dilihat dari struktur kimianya?
Karet adalah polimer dari satuan isoprena (politerpena) yang tersusun dari 5000 hingga 10.000 satuan dalam rantai tanpa cabang. Diduga kuat, tiga ikatan pertama bersifat trans dan selanjutnya cis. Senyawa ini terkandung pada lateks pohon penghasilnya. Pada suhu normal, karet tidak berbentuk (amorf). Pada suhu rendah ia akan mengkristal. Dengan meningkatnya suhu, karet akan mengembang, searah dengan sumbu panjangnya. Penurunan suhu akan mengembalikan keadaan mengembang ini. Inilah alasan mengapa karet bersifat elastik.

Prinsip pengolahan jenis karet ini adalah mengubah lateks segar (getah karet) menjadi lembaran-lembaran sheet lewat proses penyaringan, pengenceran, pembekuan, penggilingan, dan pengasapan.
Lateks yang dikumpulkan dari beberapa sumber atau lokasi yang berbeda pertama-tama dicampur dalam suatu tangki besar. Bahan kimia ditambahkan untuk mengatur keseragaman kekentalan / viskositas dan warna.

Lateks kemudian digumpalkan dengan menambahkan koagulan (asam format). Penggunaan asam format didasarkan pada kemampuannya yang cukup baik dalam menurunkan pH lateks serta harga yang cukup terjangkau bagi petani karet dibandingkan bahan koagulan asam lainnya. Tujuan dari penambahan asam adalah untuk menurunkan pH lateks pada titik isoelektriknya sehingga lateks akan membeku atau berkoagulasi, yaitu pada pH antara 4.5-4.7. Asam dalam hal ini ion H+ akan bereaksi dengan ion OH- pada protein dan senyawa lainnya untuk menetralkan muatan listrik sehingga terjadi koagulasi pada lateks.

Gumpalan lateks yang terbentuk kemudian diolah menjadi potongan-potongan kecil yang teratur dan memiliki kondisi fisik yang sudah diatur atau diharapkan. Proses pengolahan ini melewati beberapa tahapan dan kondisi tertentu, seperti proses penghancuran atau penggilingan hingga menjadi remah-remah melewati mesin hammermill yang kemudian masuk ke proses penggilingan melalui mesin ekstruder. Dalam beberapa kasus karet remah-remah tersebut mendapat tambahan minyak yang bersifat tidak menyatu atau tidak kompatibel di mana hanya berfungsi sebagai pembasah atau wetting saja. Pada kondisi tersebut akan dilakukan proses pengeringan dengan menggunakan udara panas. Karet kering yang dihasilkan akhirnya dicampurkan, biasanya dilakukan dengan menggunakan proses tekanan hidrolik dan kemudian dilakukan pembungkusan dengan menggunakan plastik untuk mencegah terjadinya adhesi atau lengketnya antara karet blok di peti.

Wah seru ya? Jadi ingin lihat secara langsung. Tapi hati-hati ya, karena lateks yang telah diolah lembaran biasanya mempunyai aroma yang menusuk.

1 thought on “Pengolahan karet!

  1. Karet alam mempunyai keunggulan tensile strength, elongation dan tear strength, namun karet alam mudah teroksidasi sehingga memerlukan antioxidant yang cukup banyak. Dibandingkan dengan synthetic rubber kecerahan karet alam dalam produk jadi juga kurang.
    (Wawan supplier of Precipitated Silica, Zinc Oxide, C9, C5 etc (WA : 0852 8045 3195)

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.