10 Contoh Reaksi Kimia dalam Kehidupan Sehari-hari

4. Pembakaran

Api yang disebabkan sebagai akibat dari pembakaran bahan bakar (pembakaran). Sumber: wikipedia.org
Setiap kali kita menyalakan korek api, membakar lilin, membuat api, atau menyalakan panggangan, kita akan melihat reaksi pembakaran. Pembakaran menggabungkan molekul energik dengan oksigen untuk menghasilkan karbon dioksida dan air.

Sebagai contoh, reaksi pembakaran propana, ditemukan di panggangan gas dan beberapa perapian, adalah:

C3H8 + 5O2 → 4H2O + 3CO2 + energy

5. Karat

Contoh Karat. Sumber: wikipedia.org

Karat adalah besi oksida, biasanya oksida merah yang dibentuk oleh reaksi redoks besi dan oksigen dengan adanya air atau kelembaban udara. Beberapa bentuk karat dibedakan baik secara visual maupun dengan spektroskopi, dan bentuk dalam keadaan yang berbeda. Karat terdiri dari besi terhidrasi (III) oksida Fe2O3 · nH2O dan besi (III) oksida-hidroksida (FeO (OH), Fe (OH ) 3).

Dalam waktu yang cukup, oksigen, dan air, setiap massa besi akhirnya akan mengkonversi seluruhnya karat dan hancur. Permukaan karat terkelupas dan rapuh, dan tidak memberikan perlindungan kepada besi dasar, seperti pembentukan patina pada permukaan tembaga. Karat adalah istilah umum untuk korosi besi dan paduannya, seperti baja. Banyak logam lainnya mengalami korosi yang setara, tetapi oksida yang dihasilkan tidak biasa disebut karat.

Berikut adalah persamaan kimia untuk karat besi:

Fe + O2 + H2O → Fe2O3. XH2O

Lebih lanjut mengenai karat bisa dibaca pada artikel Semua Tentang Karat Besi

6. Mencampur Bahan Kimia

Contoh Baking Soda
Contoh Baking Soda. Sumber: wikipedia.org.

Jika kita misal saja menggabungkan cuka dan baking soda untuk membuat gunung berapi kimia atau susu dengan baking powder dalam sebuah resep, kita mengalami perpindahan atau metatesis reaksi ganda (ditambah beberapa hal lain). Bahan bergabung kembali untuk menghasilkan gas karbon dioksida dan air. Bentuk karbon dioksida gelembung di gunung berapi dan dapat membantu peningkatan pemanggangan.

( Berbagai pencampuran bahan kimia bisa menjadi permainan kimia Loh !! Pilih disini permainannya )

Reaksi-reaksi ini tampak sederhana dalam praktek, tetapi sering terdiri dari beberapa langkah. Berikut adalah persamaan kimia keseluruhan untuk reaksi antara baking soda dan cuka:

HC2H3O2 (aq) + NaHCO3 (aq) → NaC2H3O2 (aq) + H2O () + CO2 (g)

7. Baterai

Baterai. Sumber: wikipedia.org

Baterai adalah alat listrik-kimiawi yang menyimpan energi dan mengeluarkan tenaganya dalam bentuk listrik. Sebuah baterai biasanya terdiri dari tiga komponen penting, yaitu:

  1. batang karbon sebagai anode (kutub positif baterai)
  2. seng (Zn) sebagai katode (kutub negatif baterai)
  3. pasta sebagai elektrolit (penghantar)
Baterai menggunakan reaksi elektrokimia atau redoks untuk mengubah energi kimia menjadi energi listrik. Reaksi redoks spontan terjadi pada sel galvanik, sementara reaksi kimia tidak spontan terjadi dalam sel elektrolitik.
( Penjelasan Teorinya bisa baca disini ya)

3 poin terakhir ada di halaman 3 ya

Halaman 1 2 3

18 thoughts on “10 Contoh Reaksi Kimia dalam Kehidupan Sehari-hari

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.