Pengetahuan

10 Contoh Reaksi Kimia dalam Kehidupan Sehari-hari

8. Pencernaan

Sistem Pencernaan
Sistem Pencernaan. Sumber: wikipedia.org
Advertisements

Ribuan reaksi kimia terjadi selama proses pencernaan. Segera setelah kita menaruh makanan di mulut, enzim dalam air liur yang disebut amilase akan mulai memecah gula dan karbohidrat menjadi bentuk yang lebih sederhana supaya tubuh kita dapat menyerapnya. Asam klorida dalam perut kita juga bereaksi dengan makanan untuk memecahnya, sedangkan enzim membelah protein dan lemak sehingga mereka dapat diserap ke dalam aliran darah melalui dinding usus.

9. Reaksi Asam-Basa

Larutan yang disimpan dalam botol. Sumber: wikipedia.org
Setiap kali kita mencampur asam (misalnya, cuka, jus lemon, asam sulfat) dengan basa (misalnya, baking soda, sabun, amonia, aseton), kita melakukan reaksi asam-basa. Reaksi ini menetralkan asam dan basa menghasilkan garam dan air.

Natrium klorida bukan satu-satunya garam yang dapat dibentuk. Sebagai contoh, di sini adalah persamaan kimia untuk reaksi asam-basa yang menghasilkan kalium klorida, pengganti garam meja umum:

HCl + KOH → KCl + H2O

Untuk artikel mengenai asam basa bisa dibaca pada artikel Asam Basa dalam Kimia

10. Sabun dan Deterjen

Contoh Sabun dan Deterjen. Sumber: wikipedia.org

Sabun dan deterjen dapat membersihkan dengan menggunakan reaksi kimia. Sabun mengemulsi kotoran, yang berarti sabun mengikat noda minyak noda sehingga mereka dapat dibersihkan dengan air. Deterjen bertindak sebagai surfaktan, menurunkan tegangan permukaan air sehingga dapat berinteraksi dengan minyak, mengisolasi mereka, dan dan membersihkannya.

Sumber:
Oh ya, untuk artikel-artikel saya yang lain bisa dibaca di sini
Halaman 1 2 3

18 comments

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.