Skip to content
Iklan

Unsur Utama Pembentuk Tulang


Sebenarnya, masih ada lebih banyak unsur kimia yang membentuk struktur tulang kita selain kalsium, magnesium, dan fosfor . Tapi yang akan kita bahas ialah 3 unsur utama tersebut. Di samping itu, pembentuk tulang “tiga besar” juga adalah elektrolit penting (atau bagian dari elektrolit) yang akan kita bahas dalam kelompok unsur berikutnya. Akhirnya, matriks tulang yang sesungguhnya terbuat dari protein,sebagian besar kolagen, di mana kalsium fosfat kalsium karbonat,garam magnesium, dan mineral lainnya disimpan Tulang terdiri kurang lebih separuh air dan separuh padat. Tulang kita seperti “penggantung pakaian” tempat seluruh tubuh kita bergantung jadi tulang kita sangat penting

Kalsium

kalsium untuk tulang

Kalsium adalah salah satu unsur paling penting dalam tubuh, membentuk tulang dengan bekerjasama dengan fosfor, magnesium, tembaga, mangan, seng, boron, fluorida, sodium, strontium, vitamin A, C, dan D, dan trace dari unsur kimia lainnya. Sembilan puluh sembilan persen kalsium dalam tubuh digunakan untuk tulang an gig. dan 1 persen sisanya dibagi rata oleh berbagai fungsi tubuh. Kalsium tidak diasimilasi dengan baik dari makanan, dan olahraga sangat penting untuk memastikan agar kalsium yang diasimilasi itu dipakai dan tidak dibuang lewat ginjal

Selama dua dekade terakhir, epidemi terjadinya osteoporosis pada wanita pascahaid telah menyadarkan kita akan kenyataan bahwa sebagian besar orang Amerika tidak mendapatkan cukup kalsium. Di akhir tahun 1800-an dan awal 1900-an, terjadi epidemi penyakit rakhitis dan pengapuran tulang secara berurutan di kota sebagai bukti kekurangan kalsium pada anak-anak dan dewasa (biasanya disebabkan oleh kekurangan vitamin D). Asupan rata-rata kalsium sekarang ini berkisar antara 640 miligram, menurut penelitian National Institutes of Health (NIH).

National Reasearch Council menetapkan jumlah kalsium yang dibutuhkan sebesar 1.000 miligram sehari bagi orang dewasa sehat dan anak berusia empat tahun atau lebih. Penelitian terkini oleh NIH menunjukkan bahwa 1.000 miligram sehari mungkin tidak cukup untuk memenuhi kalsium jangka panjang pada orang yang mengalami kekurangan kalsium secara menahun. Cukup aman untuk mengonsumsi hingga 2500 miligram Kalsium apabila kesehatan Anda cukup baik.

Kalsium adalah salah satu unsur elektrolit utama kita. Tiga unsur lainnya adalah magnesium, potasium, dan sodium yang diperlukan untuk metabolisme sel. Kalsium dibutuhkan untuk pembekuan darah, transmisi saraf stimulasi otot, stabilisasi tingkat asam/basa PH) darah, dan mempertahankan keseimbangan air. Kalsium bersifat penting dalam reaksi enzim, tekanan darah, dan dapat membantu mencegah kanker usus besar. Tulang juga digunakan sebagai tempat penyimpanan kalsium dan mineral lainnya. Hormon berfungsi sebagai pengirim kimia, baik untuk mengirim kelebihan kalsium darah untuk disimpan di tulang atau untuk memberi sinyal pada tulang untuk melepaskan kalsium ke dalam darah. Kalsium bekerja dengan magnesium untuk membantu mengatur denyut jantung.

RDI orang dewasa 1.000 miligram.

Sumber terbaik produk susu (termasuk semua jenis keju), kerang, tahu, kangkung, brokoli, mostar hijau, peterseli, seledri air, asparagus, kol, rumput laut, kacang dan biji mentah, butir gandum utuh, tumbuhan polong, bubuk kedelai, ragi, caroh, ara, dan prem. Brokoli adalah sumber sayuran yang paling baik, tetapi dibutuhkan 4% pon untuk memenuhi RDI. Dibutuhkan lebih dari 3 cangkir almond mentah, 6 cangkir biji wijen mentah atau 230 buah prem untuk memenuhi RDI kalsium. Walaupun demikian, betapa pun sedikitnya masih cukup berarti. Minum 250 cc susu atau makan seperempat pon keju setiap hari sudah mendekati 1.000 miligram kalsium. Orang yang tidak tahan terhadap laktosa sekarang dapat membeli susu bebas laktosa di sebagian besar pasar swalayan dan memperoleh kalsium yang diperlukan. Kebanyakan orang Amerika yang tidak memanfaatkan produk susu mungkin tidak mendapatkan cukup kalsium,meskipun jus jeruk dan minuman lainnya kini sudah ditambahi kalsium karbonat. Masalahnya adalah bahwa kalsium karbonat mengganggu penyerapan zat besi Suplemen kalsium yang paling baik dipakai adalah kalsium sitrat, kalsium glukonat, dan kalsium laktat. Unsur ini sebaiknya selalu diminum pada waktu makan bersama dengan magnesium dan vitamin D

Fosfor

fosfor untuk tulang

Fosfor adalah unsur pembentuk tulangyangdibutuhkan tubuh,penting bagi reproduksi sel, mengubah karbohidrat menjadi energi, dan menstabilkan seimbangan asam basa darah. Orang dewasa mempunyai 1,5% pon di dalam tubuh, di mana 80 persen digunakan untuk gigi. Jarang terjadi kekurangan karena hampir selalu ada dalam sebagian besar makanan yang dimakan. Itu adalah kabar baik karena fosfor diperlukan oleh setiap sel tubuh kita.

Seperti kalsium, fosfor mempunyai banyak tugas dalam tubuh. Adenosin trifosfat dibuat dalam sel untuk mengumpulkan energi. Dalam bentuk fosfatidilkolin dalam lesitin, fosfor (bersama dengan kolesterol) membentuk lapisan saraf pelindung yang membentuk bagian putih otak, pelapisan sumsum tulang belakang, dan saraf yang beratus mil panjangnya di seluruh tubuh.

Dalam lesitin, fosfor membantu menjaga kolesterol dan lemak dalam larutan dalam darah dan membantu mengirim asam lemak. Banyak enzim dan kebanyakan vitamin B hanya bekerja dengan adanya fosfor. Unsur ini memegang peran dalam memroses ketiga kelompok besar makanan, yakni protein, karbohidrat, dan lemal Penting dalam pembagian sel melalui perannya di dalam nukleoprotein dan penting bagi berfungsinya ginjal. Sebagai bagian dari ion fosfat PO4, fosfor membentuk elektrolit yang membantu dalam perjalanan nutrisi menuju sel dan mengeluarkan sisa makanan dari sel.  sedkitnya 70% dari fosfat dalam makanan diserap, tetapi kalau ada gula, hubungan kalsium dan fosfor menjadi terganggu. Fosfor diperlukan untuk saraf dan jantung yang sehat.

RDI Orang dewasa 1.000 miligram.

Sumber terbaik: daging ayam ikan, produk susu, kacang biji, tumbuhan polong, sayuran,dan buah-buahan.

Magnesium

Magnesium untuk tulang

Magnesium, seperti halnya fosfor, tersedia dalam banyak makanan sehingga Sebagian besar dari kita memperolehnya dalam jumlah banyak dari makanan. Hal itu baik, karena magnesium adalah unsur penting dalam tubuh. Sekitar 60 persen magnesium dalam tubuh kita ditemukan dalam tulang dan gigi bersama dengan kalsium dan fosfor. Jadi magnesium termasuk dalam salah satu dari ketiga unsur utama pembentuk tulang . Sekitar 40 persen digunakan dalam cairan tubuh sebagai unsur multiguna, yang melakukan apa saja dari pengeluaran enzim untuk membantu otot jantung mengendur ketika denyut jantung melambat. Magnesium adalah elektrolit yang penting dan sibuk, membantu mengendalikan apa yang masuk dan keluar melalui dinding sel mengubah lemak, protein, dan gula menjadi energi, memberi sinyal saraf di sepanjang jalur saraf serta membantu mengendalikan pH darah dan cairan tubuh. Walaupun ada banyak magnesium dalam makanan,para peneliti telah menemukan bukti tertentu bahwa kekurangan magnesium dapat mengurangi serangan jantung. Masalahnya adalah, jumlah magnesium yang tinggal dalam tubuh bergantung pada berapa banyak kalsium yang ada. Sebelumnya, saya menekankan bahwa rata-rata orang Amerika memperoleh sekitar 640 miligram kalsium setiap hari, 360 miligram lebih sedikit dari yang diperlukan. Karena asupan kalsium membatasi jumlah magnesium yang dapat diterima tubuh, asupan kalsium yang tidak cukup dapat menimbulkan kekurangan magnesium dalam tubuh, walaupun jumlah magnesium cukup banyak dalam makanan yang kita makan. Ada kemungkinan magnesium yang tidak cukup memudahkan pembentukan batu ginjal. Eksperimen menunjukkan bahwa suplemen magnesium yang sedikit membantu mencegah pembentukan batu ginjal dengan mengeluarkan kasium yang biasanya membantu membentuk batu.

RDI orang dewasa 400 miligram.

Sumber terbaik: kulit padi, padi-padian, sayuran hijau berdaun,tumbuhan polong, dan kacang kedelai adalah sumber yang kaya magnesium. Kacang dan biji adalah sumber yang sedang, sementara hampir semua makanan alami lainnya memiliki setidaknya sejumlah kecil magnesium.Banyak makanan kalengan tidak mengandung magnesium.

SUMBER :

SUMBER : Jensen’s, B.2006. Terapi Jus:menuju Hidup Sehat dan panjang umur. BIP : Jakarta

Iklan

2 Comments »

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s