Skip to content
Iklan

7 Benda Radioaktif Di Sekitar Kita


Kita setiap hari dihadapkan pada radioaktivitas, sering dari makanan yang kita makan yang pernah saya bahas dalam artikel 10 Makanan Umum Alami Yang Beradioaktif dan produk-produk lain yang kita gunakan.

Berikut ini adalah beberapa contoh produk sehari-hari biasa yang bersifat radioaktif. Beberapa benda-benda ini dapat menimbulkan risiko gangguan kesehatan, tapi kebanyakan dari mereka adalah bagian berbahaya dari lingkungan sehari-hari kita. Dalam hampir semua kasus, kita mendapatkan lebih banyak paparan radiasi jika kita sedang naik di pesawat. Namun, ada baiknya untuk mengetahui sumber-sumber paparan radiasi di sekitar kita.

1. Cat Litter

Cat Litter adalah kotak indoor pembuangan urine dan kotoran untuk kucing. Banyak pemilik hewan tersebut memilih untuk tidak membiarkan mereka berkeliaran di luar karena takut bahwa mereka mungkin tertabrak oleh mobil (telah diklaim kucing dalam ruangan hidup, rata-rata, sepuluh tahun hidup lebih lama daripada kucing luar).

Cat Litter

Cat Litter. Sumber Gambar : wikipedia.com

Cat Litter cukup radioaktif sehingga dapat memicu peringatan radiasi di pos pemeriksaan perbatasan internasional. Sebenarnya, bukan Cat Litternya yang kita perlu khawatirkan, tetapi benda yang terbuat dari tanah liat atau bentonit saja. Isotop radioaktif secara alami terjadi di tanah liat sekitar 4 pCi / g isotop uranium, 3 pCi / g isotop thorium, dan 8 pCi / g kalium-40. Seorang peneliti di Oak Ridge Associate Universities, setelah dihitung konsumen Amerika membeli  50,000 pound (1 pound = 453.59237 grams) uranium dan 120,000 pound  thorium dalam bentuk kotoran kucing setiap tahun.

2. Detektor Asap

Sebuah detektor asap atau biasa disebut alarm asap adalah perangkat yang mendeteksi asap, biasanya sebagai indikator kebakaran.

Contoh Reaksi Endoterm

Detector Asap COFEM. Sumber Gambar : wikipedia.com

Sekitar 80% dari detektor asap standar mengandung sejumlah kecil isotop radioaktif amerisium-241, yang memancarkan partikel alpha dan radiasi beta. Amerisium-242 memiliki waktu paruh 432 tahun, jadi itu tidak akan terjadi apa-apal dalam waktu dekat. Isotop ini tertutup dalam detektor asap dan tidak menimbulkan risiko nyata kepada kita kecuali kita pecahkan detektor asap kita dan makan atau menghirup sumber radioaktif tersebut. Masalah yang lebih penting adalah pembuangan detektor asap, karena amerisium pada akhirnya terakumulasi di tempat pembuangan sampah atau dimanapun detektor asap itu dibuang.

3. Lampu Fluorescent

Contoh Lampu Fluorescent

Beberapa Contoh Lampu Fluorescent. Sumber Gambar : wikipedia.com

Lampu fluorescent atau biasa disebut neon adalah lampu yang melepaskan gas tekanan uap merkuri bertekanan rendah yang menggunakan fluoresensi untuk menghasilkan cahaya. Arus listrik dalam gas membuat uap merkuri yang menghasilkan cahaya gelombang ultraviolet pendek yang kemudian menyebabkan lapisan fosfor pada bagian dalam neon bersinar. Sebuah lampu neon mengubah energi listrik menjadi cahaya yang berguna jauh lebih efisien daripada lampu pijar. Efisiensi cahaya bola lampu neon bisa melebihi 100 lumens per watt, beberapa kali efisiensi lampu pijar dengan output cahaya sebanding.

Sebuah lampu dimulai dengan beberapa lampu neon berisi bola kaca silinder kecil yang berisi kurang dari 15 nanocuries krypton-85, emitor beta dan gamma dengan paruh 10,4 tahun. Isotop radioaktif tidak menjadi perhatian kecuali bohlam rusak. Bahkan, racun dari bahan kimia lainnya biasanya melebihi risiko dari ancaman radioaktivitas.

4. Batu Permata

Contoh Reaksi Endoterm

Beberapa Contoh Batu Berlian. Sumber Gambar : wikipedia.com

Beberapa batu permata, seperti zirkon, secara alami radioaktif. Selain itu, beberapa batu permata dapat diiradiasi dengan neutron untuk meningkatkan warna mereka. Contoh permata yang mungkin warnanya yang disempurnakan termasuk beryl, turmalin, dan topaz. Beberapa berlian buatan yang terbuat dari oksida logam. Contohnya adalah yttrium oksida distabilkan dengan radioaktif thorium oksida. Sementara sebagian besar batu permata yang disebutkan tadi sedikit atau tidak ada kekhawatiran akan adanya paparan radiasi, beberapa batu permata beradiasi diperlakukan untuk mempertahankan “sinar” yang secara radiologis  panas untuk 0,2 milliroentgens per jam. Terus kita dapat memakai permata dekat dengan kulit kita untuk jangka waktu tertentu.

5. Keramik

Kita bertemu keramik setiap hari. Meski jika kita tidak lagi menggunakan periuk radioaktif jaman dulu (seperti Fiestaware yang berwarna cerah), ada kemungkinan kalau kita memiliki beberapa keramik yang memancarkan radioaktivitas.

Contoh Veneer

Contoh Veneer Gigi. Sumber Gambar : wikipedia.com

Misalnya, apakah kamu memiliki topi atau veneer (bahan lapisan tipis yang ditempatkan di atas gigi, baik untuk meningkatkan estetika gigi atau untuk melindungi permukaan gigi dari kerusakan) pada gigi Anda? Beberapa gigi porcelein telah diwarnai dengan uranium yang mengandung oksida logam yang membuat mereka lebih putih dan lebih reflektif. Dokter gigi dapat mengekspos mulut sampai 1000 millirem per tahun per cap, yang keluar untuk dua setengah kali rata-rata paparan seluruh tubuh tahunan dari sumber alami, ditambah beberapa sinar-x medis.

Apa pun yang terbuat dari batu yang mungkin beradioaktif. Sebagai contoh, ubin dan granit sedikit radioaktif. Begitu juga beton. Sedangkan beton basemen sangat tinggi radioaktifnya, karena kita mendapatkan gas radon dari beton dan gas radioaktif lain, yang lebih berat daripada udara yang bisa menumpuk.

Benda lainnya yang termasuk antara lain kaca seni, perhiasan cloisonne enamel, dan tembikar mengkilap. Tembikar dan perhiasan menjadi perhatian karena makanan yang mengandung asam dapat melarutkan sejumlah kecil unsur radioaktif, sehingga kita mungkin menelan mereka. Mengenakan perhiasan radioaktif dekat dengan kulit kita juga sama, dimana asam di kulit kita akan melarutkan bahan, yang dapat diserap atau tidak sengaja tertelan. Untuk bahan keramik silahkan lihat ini

6. Logam Daur Ulang

Kita semua ingin mengurangi dampak buruk terhadap lingkungan. Daur ulang adalah baik, kan? Tentu saja, asalkan kita tahu apa yang kita sedang daur ulang. Besi tua bisa bersama-sama dikelompokkan, yang telah menyebabkan beberapa kasus logam radioaktif menarik (sebagian orang akan mengatakan mengerikan) yang dapat dimasukkan ke dalam benda-benda rumah tangga biasa.

Contoh Reaksi Endoterm

Contoh Parutan Keju Dari Logam. Sumber Gambar : wikipedia.com

Misalnya, kembali pada tahun 2008 parutan keju yang memancarkan gamma ditemukan. Rupanya kobalt-60 menemukan jalan ke logam yang digunakan untuk membuat tungku terbuka. Meja logam terkontaminasi dengan kobalt-60 yang ditemukan tersebar di beberapa negara.

7. Benda-Benda Yang Berkilau/Bersinar

Kompas

Kompas. Sumber Gambar : wikipedia.com

Kita mungkin tidak memiliki jam lemari tua radium atau jam tangan radium, tapi ada kesempatan kita memiliki objek tritium-yang menyala. Tritium adalah isotop radioaktif hidrogen. Tritium digunakan untuk membuat kompas, gantungan kunci dan dan beberapa benda lainnya yang bisa menyala/berkilau sendiri.

Sumber :
– chemistry.about.com
– Wikipedia.com

Iklan

2 Comments »

  1. mohon maaf, Jujur yang terpikir setelah membaca, artikel ini adlah artikel asing yang diterjemahkan secara “instan”. bacanya jadi ndak enak

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s