TERNYATA KURANG TIDUR BISA MENYEBABKAN GILA

Kepada anda yang suka atau hobi begadang, kalau anda sudah membaca ini. maka berhati hatilah. karena kurang tidur

sleep
sleep (Photo credit: Sean MacEntee)

dapat menyebabkan menjadi gila. Beberapa pakar saraf telah meyakini salah satu tujuan tidur ialah untuk memberikan peluang kepada otak untuk membangun serta menguatkan  jaringan penghubung antara saraf. Orang yang biasa tidur cukup akan memiliki kemampuan untuk memelajari informasi baru lebih cepat serta memiliki memori yang lebih tajam. Namun bagaimana bila Anda selalu kekurangan tidur dari hari ke hari?

Selain mengganggu kesehatan serta mengurangi produktivitas ,kurang tidur juga dapat membuat kita gila
Dalam suatu studi disebutkan orang dengan keadaan sleep apnea, seperti gangguan pernapasan saat tidur, dua kali lebih mungkin mengembangkan masalah mental atau demensia daripada mereka yang bebas dari masalah tersebut.

selain itu, kurangnya waktu tidur malam juga dapat menyebabkan menyusutnya kemampuan otak untuk berpikir yang dikenal dengan nama penurunan kognitif pada orang tua. Penelitian telah dilakukan pada 15.000  wanita di Nurses Health Study di AS menyimpulkan bahwa seseorang yg tidur kurang dari lima jam sehari mempunyai fungsi mental yg lebih rendah.

pada Penelitian lainnya, ilmuwan dari Universitas California, San Francisco menghitung kualitas tidur lebih dari 1300 perempuan berumur diatas 75 tahun menggunakan unit sensor serta rekaman perubahan fisik saat tidur. Mereka menemukan fakta bahwa peserta dengan gangguan pernapasan saat tidur seperti sleep apnea kemungkinan mengalami penurunan kognitif ringan atau demensia selama lima tahun dibandingkan mereka tanpa gangguan tersebut.

Meski demikian, jika Anda menderita insomnia, jangan khawatir bahwa Anda ditakdirkan untuk mengembangkan demensia. Meskipun penelitian melaporkan adanya hubungan antara gangguan tidur dan penurunan mental, mereka tidak menunjukkan hubungan sebab akibat. Namun, peneliti menyarankan, dibutuhkan kesadaran yang lebih akan manfaat tidur yang cukup. Karena cukupnya waktu tidur akan mempengaruhi kondisi tubuh secara keseluruhan

SOURCE : UNTUKKU.COM

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.