Skip to content
Iklan

Tanaman Umum yang Bisa Dibuat Jus


jus sayuranBerikut akan di berikan daftar tanaman hijau yang bisa untuk di buat jus dan memiliki manfaat yang sangat baik, dan tentunya variasi ialah kuci menuju kesehatan yang lebih baik, maksudnya jangan hanya mengonsumsi 1 jenis jus sayur ini secara ters menerus karena tubuh kita membutuhkan nutrisi lengkap yang berbeda beda kandungannya tiap sayuran

Alfalfa

Saya menganjurkan pemakaian alfalfa segar dalam jus hijau dasar, bukan hanya sebagai zat tambahan apabila Anda dapat memperolehnya dalam bentuk segar. Alfalfa adalah unsur traa terkenal yang berakar sangat dalam dan mengandung seng dan silikon, juga kalsium, magnesium, fosfor, besi, dan potasium. Termasuk di dalamnya sodium, sulfur tembaga, mangan, kobalt, selenium, klorida, dan yodium.

Manfaatkan alfalfa untuk memurnikan darah dan gangguan pencernaan. Alfalfa juga membantu radang sendi, alergi, mual waktu hamil, dan kelenjar endokrin.

Tunas alfalfa adalah salah satu makanan termurni bisa kita dapatkan untuk tubuh. Tunas itu membuat aktivitas buang air menjadi lebih sehat. Alfalfa dalam bentuk tablet membantu menjaga divertikula, penyempitan usus besar, dan bagian lain dari usus terbebas dari bahan putrefaktif yang menyumbat. Teh alfalfa bersifat basa dan membantu mempertahankan keseimbangan asam/basa dalam darah (pH 7,4)

Minyak Adas Manis

Rempah Aromatik ini banyak tersedia di pasar dan toko makanan sehat pada musim tertentu dan dapat tumbuh liar di sekitar rumah Anda. Sedikit minyak adas manis dalam jus hijau akan mengurangi atau menghilangkan
pembentukan gas dalam perut dan saluran pembuangan

Bit Hijau

Bit hijau yang mengandung potassium, magnesium, yodum.danbesi mineral tubuh yang baik. Bersihkan dan cucilah secara menyeluruh, Gunakan batangnya kalau tidak telalu keras us bt hijau sangt baik untuk hati dan kandung empedu. Setengah gelas setiap hari akan membantu kelancaran buang air besar.

Bok Choi

Kol cina ini mengandung sulfur, besi, dan potasium yang tinggi. Sulfur memurnikan dan mengaktifkan tubuh, serta diperlukan dalam protein.

Kubis Brussel

Anggota keluarga kol ini juga mengandung sulfur tinggi. Banyak orang mengalami pembentukan gas dalam jus segar, jadi waspadalah.

Kol

Jus kol sangat baik untuk perut. Kol mengandung sodium, unsur awet muda, dan juga potasium, pengeras otot. Seorang dokter bernama Cheney dari Stanford University menyembuhkan tukak lambung dengan menggunakan jus kol sebagai obat. Gunakan kol mentah dalam salad. Jumlah vitamin C dalam secangkir kol mentah hampir sama dengan setengah buah jeruk.

Cabai Rawit

Saya menganjurkan Anda untuk menambahkah sedikit bubuk cabai rawit ke dalam alat pembuat jus, tidak lebih dari sdt pada mulanya, untuk perbaikan sirkulasi. Cabai rawit sangat baik untuk jantungdan tekanan darah, asma, gangguan pernapasan atas,dan juga untuk menambah energi serta ketahanan tubuh. Anda dapat menggunakannya dengan bawang putih mentah (satu atau dua siung untuk membantu menurunkan tekanan darah.

Seledri Hijau

Seledri hijau harus dijus bersama batangnya. Potasium dalam pucuk hijaunya mengimbang jumlah sodium yang tinggi dalam batang Apabila seseorang hanya memakai batangnya saja, ia akan mendapatkan bentuk konsentrasi dari sodium. Kelebihan sodium menyebabkan air tertahan dalam tubuh. Berlimpahnya potasium juga dapat menimbulkan gangguan, tetapi hanya sedikit orang yang mendapatkan terlalu banyak potasium karena tubuh banyak membutuhkannya. secara khusus, seledri hijau memberi makan jaringan otot yang adalah 80 persen dari bagian padat tubuh kita.

Chaparral

efektif dijus dengan sayuran hijau lainnya, karena menghasilkan tonik yang kaya klorofil untuk membersihkan dan menghilangkan bau tinja. Chaparral sering digunakan untuk artritis dan kondisi degeneratif dalam tubuh.

Lokio

Mengandung banyak potasium, kalsium, dan sulfur Lokio sangat baik untuk menghilangkan gejala selesma pada gangguan hidung dan tenggorokan.

Ketumbar

Rempah masakan ini melezatkan sup salad,daging ikan, dan ayam,di samping memperkuat jantung dan berfungsi sebagai tonik dalam sistem pencernaan. juslah sejumput ketumbar hijau dan segar dalam minuman hijau Anda untuk penambah semangat.

Dandelion

Gunakan daun dan akarnya apabila Anda ingin membersihkan ginjal, hati, dan kandung empedu. Rempah ini juga baik untuk usus besar,limpa,pankreas, dan diuretik ringan yang baik untuk penyakit anemia, diabetes, hipoglisemia, tekanan darah rendah, serta gangguan kulit. Rempah hijau ini adalah sumber yang baik untuk kalsium,mangan,klorin,potasium,dan besi.

Echinacea

Rempah ini adalah agen detoksifikasi yang kuat. Saya menganjurkan agar echinacea dipakai dalam teh. Pertama-tama dengan mendidihkannya dalam air selama delapan sampai sepuluh menit, sebelum ditambahkan dalam jus dan dicampur dengan baik. Belilah echinacea di toko makanan sehat dan ikuti petunjuk berapa banyak yang diperlukan. Rempah ini adalah salah satu pembersih terbaik untuk sistem limpa, dan hasil yang baik diperoleh dalam beberapa kasus penyakit degeneratif.

Andewi

Karena rasanya pahit, andewi dapat membantu mengurangi berat badan. Cucilah sebelum dijus.

Escarole

Adalah sayuran hijau yang mengandung banyak kalsium. Escarole juga termasuk dalam keluarga sulfur

Malva

Tumbuhan liar ini sering ditemukan di Amerika Serikat dan di mana saja didunia. Satu pon malva segar mengandung 50.000 unit vitamin A alami, yang sangat penting untuk mengobati infeksi. Malva rasanya lezat dalam salad dan dapat dikukus seperti bayam. Bersihkan daun dengan sesendok teh pemutih khlor dalam satu galon air. Rendamlah daun selama lima menit kemudian cuci bersih.

Bunga Nasturtium

Bunga ini adalah sumber hijau lainnya. Masukkan dalam salad.

Peterseli

Peterseli dapat dijadikan minuman klorofil yangbaik bagi ginjal. Anda dapat mengeringkannya untuk membuat teh peterseli. Gunakan dalam sup dan kaldu. Peterseli lebih banyak mengandung besi dibandingkan rempah lainnya. Juga mengandung provitamin A, yang bersifat antikarsinogenik alami dan mengandung banyak klorofil, zat pembersih alami yang paling kuat. Peterseli banyak tersedia sepanjang musim dingin di bagian sayuran segar di pasar swalayan setempat. Gunakan dalam jumlah besar untuk membuat jus hijau anda

Peterseli membantu ginjal dan batu empedu, membersihkan hati, memperkuat jantung dan merupakan tonik yang baik untuk pembuluh darah. beberapa laporan mengatakan peterseli dapat mengobati radang sendi (semua rempah hijau dan hijau membantu mengurangi gejala radang sendi, sayuran beberapa lebih ampuh dari yang lain). Peterseli adalah rempah yang membantu menghilangkan bau pernapasan akibat bawang putih atau bawang bombai.

Peppermint, Spearmint, Mint

Rempah-rempah ini memiliki kandungan klorofil tinggi sangat baik untuk mengurangi rasa pahit minuman. Juga berguna untuk mengeluarkan gas dari saluran pencernaan dan mempermanis dinding bagian dalam.

Sage

Rempah bermanfaat ini sering saya tunjukkan pada pasien ketika kami berjalan-jalan di kebun. Saya menyuruh mereka memetik beberapa, menggosokkannya di tangan, dan menciumnya. Sage akan membuka mata dan sinus Anda, serta menghilangkan kantuk Anda dengan segera.

Sedikit sage dibubuhkan dalam minuman hijau akan mengurangi sekresi membran mukus, membantu gangguan pencernaan dan buang air, mengurangi kegelisahan dan berkeringat pada malam hari, mengeluarkan parasit dari tinja, mengurangi mual waktu hamil, serta mengurangi gangguan kulit. Perlu diingat bahwa sage dapat bekera sebagai penekan hasrat seksualpada beberapa orang.

Bayam

Coba masukkan sedikit bayam dalam jus mentah, tetapi jangan berlebihan karena bayam mengandung asam oksalat, yang mengganggu penyerapan kalsium dalam tubuh. Lobak swiss dan bit hijau juga mengandung asam ini begitu pula cokelat. Melihat banyaknya variasi sayuran hijau di kebun, sebaiknya bayam dimakan atau dijus kurang lebih sekali dalam seminggu.

Lobak Swiss

Saudara dari bayam, anggota keluarga sayuran ini rasanya sedikit lebih enak daripada lainnya. Lobak swiss juga mengandung asam oksalat.

Thyme

Rempah masakan populer ini tidak hanya meningkatkan rasa dalam makanan, melainkan juga perangsang kuat untuk pembuangan cairan (ingus) pada gangguan sistem pernapasan atas dan obat sakit kepala yang mujarab. Thyme mengurangi gejala asma dan demam jerami, membantu pencernaan, mengurangi ketidaknyamanan akibat flu dan tenggorokan sakit, serta membantu mencegah batu ginjal

Seledri Air

Adalah salah satu sahabat terbaik dalam kebun kita karena mengurangi kelebihan berat badan. Siapa saja yang berat badannya berlebih harus mendapatkan lebih banyak potasium dan mengurangi  sodium dalam dietnya. Makanan ini mengandung potasium tinggi. Sodium menahan air sementara potasium membuangnya.

Rumput Gandum

Adalah salah satu pembina kesehatan tebaikyang saya kenal Rumput gandum mengandung indole tinggi yang membantu mencegah kanker, menurut National Academy of Sciences Rumput gandum mengandung enzim (P4D1) yang merangsang perbaikan DNA apabila rusak akibat zat kimia. Rumput ini juga mengandung enzim super oksida dismutase (SOD) yang menetralkan radikal bebas paling buruk (superoksida) dan melindungi dari kanker.Enzim penting lainnya adalah katalase, yang menghancurkan hidrogen peroksida yang membahayakan dalam tubuh dan mencegahnya dari sel yang membahayakan. Katalase banyak terdapat dalam rumput gandum. (Ada lebih dari dua puluh enzim dalam rumput gandum.) jus rumput gandum banyak mengandung provitamin A, klorofil, potasium, magnesium, dan banyak vitamin serta mineral lainnya. Menurut almarhum VE. Irons, yang sejak awal menganjurkan detoksifikasi radikal untuk mencegah dan menyembuhkan penyakit, satu-satunya nutrisi yang kekurangan adalah vitamin D dan vitamin B 12.

Rempah segar tidak seampuh rempah yang dikeringkan dan dalam bentuk bubuk teh rempah, jamu, atau ekstrak (sari rempah yang dengan alkohol). Seperti halnya nutrisi hidup lainnya, rempah-rempah adalah makanan yang alami, lengkap, dan murni. Jus segarnya menambah sentuhan penyembuhan istimewa yang hanya ditemukan dalam rempah-rempah.

Untuk aroma khusus, tambahkan daun serai segar, spearmint, peppermint, atau licorice ke dalam jus hijau yang dipermanis dengan jus nanas alami dan segar.

Rempah segar di pasar swalayan (dijual berdasar musim) termasuk koriander, peterseli, daun serai, taragon, mint, sage, marjoram, rosemary, oregano,thyme, basil,minyak adas manis bawang lokio. Beberapa di antaranya dipakai untuk memasak,sementara yang lain mempunyai efek penyembuhan pula.

Daftar ini memang belum lengkap, karena hanya dimaksudkan sebagai pengingat akan adanya makanan berharga yang kita miliki di kebun. Saya harap Anda mulai memanfaatkannya, kalau Anda belum melakukannya.

SUMBER : Jensen’s, B.2006. Terapi Jus:menuju Hidup Sehat dan panjang umur. BIP : Jakarta

Iklan

4 Comments »

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s