Skip to content
Iklan

Manfaat Pisang untuk kesehatan


Pisang merupakan buah yang banyak dikonsumsi oleh masyarakat indonesia karena mengandung gizi

Bahasa Indonesia: Pisang, belum diidentifikasi...

Bahasa Indonesia: Pisang, belum diidentifikasi jenisnya (Photo credit: Wikipedia)

yang baik dan cukup tinggi. Bahkan ada sebagian orang yang menggalakkan diet pisang. Yaitu yang hanya memakan pisang saja(saya tidak menyarankannya). Pisang selain buahnya, berbagai bagian pohonnya banyak pula digunakan untuk berbagai kebutuhan. Dan di Indonesia ada berbagai macam jenis pisang. Sebagai buah, tentu pisang baik untuk kesehatan apabila dikonsumsi secara cukup dan tidak berlebihan. Disini kita akan mengetahui manfaat pisang untuk kesehatan.

Manfaat Kesehatan dari Buah Pisang

  • Buah pisang merupakan salah satu buah tropis yang berkalori tinggi . 100 g buah menyediakan 90 kalori . Selain itu, mengandung  manfaat kesehatan anti – oksidan , mineral , dan vitamin .
  • Daging buah pisang mudah dicerna karena merupakan gula sederhana seperti fruktosa dan kandungan gizi pisangsukrosa sehingga ketika dimakan akan menambah energi cadangan dan merevitalisasi tubuh langsung , dengan demikian , pisang digunakan oleh atlet untuk mendapatkan energi instan dan sebagai suplemen makanan di rencana perawatan untuk anak-anak kekurangan berat badan .
  • Buah mengandung serat larut ( 7 % dari DRA per 100 g ) yang membantu gerakan usus normal , sehingga mengurangi masalah sembelit .
  • Berisi pendukung kesehatan flavonoid poli – fenolik antioksidan seperti lutein , zea – xanthin , ß – karoten dan α dalam jumlah kecil . Senyawa ini membantu bertindak sebagai pengumpul perlindungan terhadap radikal bebas oksigen yang diturunkan dan spesies oksigen reaktif ( ROS ) yang berperan dalam penuaan dan berbagai proses penyakit .
  • pisang juga merupakan sumber yang sangat baik dari vitamin B6 – ( pyridoxine ) , menyediakan sekitar 28 % dari anjuran asupan harian. Piridoksin adalah vitamin B – kompleks penting yang memiliki peran menguntungkan untuk pengobatan neuritis , dan anemia . Selanjutnya , hal ini membantu menurunkan tingkat homocystine ( salah satu faktor penyebab pada penyakit arteri koroner ( PJK ) dan episode stroke).
  • Buah ini juga merupakan sumber vitamin C (sekitar 8,7 mg per 100g ) . Konsumsi makanan yang kaya vitamin C – membantu tubuh mengembangkan resistensi terhadap agen infeksi dan menangkal bahaya radikal bebas oksigen .
  • Pisang segar menyediakan tingkat mineral yang memadai seperti tembaga , magnesium , dan mangan . Magnesium sangat penting untuk memperkuat tulang dan memiliki peran protektif terhadap jantung juga. Mangan digunakan oleh tubuh sebagai co-faktor untuk enzim antioksidan , superoksida dismutase . Tembaga diperlukan dalam produksi sel darah merah .
  • Pisang segar adalah sumber yang sangat kaya kalium . 100 buah g menyediakan 358 mg kalium . Kalium merupakan komponen penting dari sel dan cairan tubuh yang membantu mengontrol detak jantung dan tekanan darah , melawan efek buruk dari sodium.

Pemilihan dan Penyimpanan

Setelah matang, pisang sangat rapuh dan mulai membusuk dalam waktu singkat. Di lapangan, pisang biasanya dipanen saat mereka hijau karena mudah untuk ditransportasikan ketika buah masih mentah. Untuk mematangkan , pisang biasanya terkena etilena atau disimpan di dekat dengan buah-buahan matang lainnya . Di toko-toko , pilih buah pisang berdasarkan pada saat Anda ingin menggunakannya , yang hijau untuk beberapa hari , sementara pisang kuning dan coklat – tutul harus dimakan secepatnya.
pisang yang siap makan berwarna kuning cerah , dan kaya aroma . Buah matang terlihat dari kulit dengan jelas pula. Pisang segar diperkaya nutrisi dan manis rasanya  daripada yang hijau mentah. Hindari pisang lembek atau rusak , karena mereka tidak menarik untuk dimakan

 

Referansi : http://www.nutrition-and-you.com/banana-fruit.html

Iklan

1 Komentar »

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: