Tidur 8 Jam Itu Terlalu Lama !

Pasti anda sudah sering mendengar tentang wacana waktu tidur yang paling baik adalah 8 jam. Memang

In My Sleep
In My Sleep (Photo credit: Wikipedia)

tubuh kita perlu banyak tidur untuk mengistirahatkan badan, pikiran, dan juga saatnya untuk tubuh melakukan proses detoksifikasi. Tapi apakah benar tidur 8 jam ini tepat?

Mari kita berpikir secara logika saja tanpa mempertimbangkan fakta ilmiahnya. umur rata rata manusia 60 tahun. jika waktu tidur manusia 8 jam sehari. berarti mereka menggunakan 1/3 harinya untuk tidur. sama saja dalam 60 tahun tersebut. 20 tahun di pakai untuk tidur saja. Sangat sia sia hidup kita jka seperti itu. Mungkin saja itu hanya wacana untuk melemahkan potensi seseorang.

Risiko Kematian  

Krike dan kawan-kawan menganalisa hasil penelitian dari American Cancer Society yang diadakan antara tahun 1982-1988. Studi ini mengumpulkan informasi tentang kebiasaan tidur dan kesehatan manusia yang diamati selama enam tahun. Orang yang dijadikan obyek penelitian rata-rata berusia 30 –102 tahun.

Orang yang tidur delapan jam sehari, selama penelitian tersebut, memiliki risiko 12 persen meninggal lebih cepat. Risiko meningkat menjadi 17 persen pada orang-orang yang tidur tujuh jam sehari. Sementara risiko lebih besar, 34 persen terjadi pada orang-orang yang tidur sepuluh jam sehari. “Risiko kematian pada orang yang tidur sepuluh jam sehari, sama dengan risiko kematian pada orang kegemukan,” kata Kripke.  

Lantas bagaimana dengan orang-orang yang kurang tidur? Risiko kematian lebih awal sebenarnya terjadi pula pada mereka yang kurang tidur, namun prosentasenya lebih kecil. Risiko kematian lebih cepat tercatat sebesar 8 persen pada orang-orang yang tidur enam jam sehari. Jumlahnya meningkat menjadi 11 persen terhadap orang yang tidur lima jam sehari. Sedangkan risiko kematian sebesar 17 persen disandang orang-orang yang tidur hanya empat jam sehari.

 

Ketika orang tidur, mereka melalui sebuah periode (REM) Rapid Eye Movement.
Tahap yang berhubungan dengan mimpi, otak menjadi sangat aktif. Tidur REM
dan mimpi dipicu oleh pons dan struktur lainnya di brainstem. Pons mengirimkan
sinyal kepada hipotalamus dan kepada cerebral cortex – yang sangat bertanggung-
jawab terhadap kegiatan-kegiatan kognitif. Pons juga mengirimkan sinyal untuk
menutup neurons di spinal cords.
Illustration by Lydia Kibiuk, Copyright © 1994 Lydia Kibiuk. http://www.sfn.org/

Mengapa tidak baik tidur lebih lama?

Kebanyakan tidur sama halnya dengan kebanyakan makan, kata Jim Horne , PhD, dari Loughborough University, Inggris, yang juga melakukan penelitian yang berkaitan soal tidur ini. Ia bilang, “Sama seperti kalau Anda makan lebih dari yang dibutuhkan dan minum lebih dari yang diperlukan tubuh, atau minum bir, dan memakan makanan yang tidak kita butuhkan. Begitulah, selama ini mungkin Anda tidur lebih dari yang Anda butuhkan, ” katanya. Perlu Anda simak pula peristiwa yang terjadi di Perancis beberapa waktu lalu, yang menunjukkan bahwa terlalu banyak tiduran atau berada di ranjang terlalu lama tidaklah sehat. Delapan mahasiswa Perancis yang bermalas-malasan di ranjang selama enam pekan dengan letak kepala lebih rendah daripada kaki mereka, kekebalan tubuhnya melawan virus dan tumor ternyata menurun antara 40-50 persen dalam dua minggu pertama.

Orang Indonesia tidur lebih lama

Bagaimana di Indonesia? Dalam penelitian psikiater Dr Yul Iskandar, orang Indonesia tidur rata-rata pukul 22.00 dan bangun pukul 05.00 keesokkan harinya. Lebih parah lagi dalam penelitian terhadap kelompok anak-anak muda di Denpasar beberapa waktu lalu, menunjukkan 30-40 persen aktivitas mereka untuk tidur. Seharusnya, kalau mau produktif dan bekerja lebih banyak, orang Indonesia perlu mempersingkat jam tidurnya.

 

Sumber

http://www.akhirzaman.info/kesehatan/102-kesehatan/128-lupakan-tidur-delapan-jam-sehari-.html

5 thoughts on “Tidur 8 Jam Itu Terlalu Lama !

      1. OK, terima kasih atas infonya.. Membantu sekali bagi saya, saya pikir saya kekurangan tidur karena hanya tidur 6 jam setiap harinya…. Tp ternyata hal itu baik bagi tubuh…

        2013/9/13 Bisa Kimia

        > ** > krisnadwi commented: “kalo dari penelitian yang di sebutkan diatas. > Paling baik itu 6 jam.” >

        1. Iya memang masih banyak orang yang salah kaprah tentang waktu tidur. Berarti anda sebenarnya sudah tepat waktu tidurnya. Tapi terkadang pikiran kita juga mempengaruhi. Ya mungkin seperti sugesti yang membuat berpikir bahwa kita kurang tidur padahal sebenarnya sudah tepat

  1. Hi there would you mind letting me know which web host you’re working with?
    I’ve loaded your blog in 3 completely different web browsers and I must say this blog loads a lot faster then most.

    Can you suggest a good web hosting provider at a honest price?
    Kudos, I appreciate it!

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.