Bagaimana Vitamin E Cegah Kanker?

vit e­

Banyak penelitian pada hewan yang telah menunjukkan bahwa  vitamin E dapat mencegah timbulnya kanker, namun berdasarkan uji klinis pada manusia menindaklanjuti temuan tersebut ternyata masih belum menunjukkan manfaat yang sama. Dalam karya baru, peneliti menunjukkan dalam sel kanker prostat bahwa salah satu bentuk vitamin E menghambat aktivasi enzim yang sangat penting untuk kelangsungan hidup sel kanker. Hilangnya enzim , yang bernama Akt,  merupakan penyebab kematian sel tumor. Vitamin tidak memiliki efek negative pada sel normal.

Ching-Shih Chen, professor kimia dan pharmacognosy di The Ohio State University dan seorang peneliti di Ohio State Comprehensive Cancer Center mengatakan bahwa ini merupakan demonstrasi pertama dari mekanisme yang unik tentang bagaimana vitamin E dapat memiliki beberapa manfaat dalam hal pencegahan dan pengobatan kanker.

Chen memperingatkan bahwa mengambil suplemen vitamin E yang khas tidak akan menawarkan manfaat ini sebab ada dua alasan. Alasan yang pertama adalah suplemen yang paling terjangkau sintesis dan didasarkan terutama bentuk vitamin tidak melawan kanker secara efektif dalam penelitian ini. Lalu, alasan kedua adalah manusia tidak dapat menyerap dosis yang tinggi untuk dapat mencapai efek anti-kanker.

Beliau juga mengatakan bahwa tujuannya adalah untuk mengembangkan obat yang aman pada dosis yang tepat kepada orang-orang untuk dapat mencegah kanker. Namun, hal itu masih membutuhkan waktu untuk dapat mengoptimalkan formulasi dan dosis. Saat ini, Chen sendiri telah mengajukan pengungkapan penemuan dengan universitas dan Ohio State telah mengajukan permohonan paten untuk agen.

Vitamin E terjadi dalam berbagai bentuk yang didasarkan pada struktur kimianya, dan bentuk yang paling umum dikenal sebagai tocopherol. Dalam studi ini, para peneliti menunjukkan bahwa dari tocopherol diuji, bentuk gamma tocopherol adalah bentuk anti-kanker yang paling ampuh dari vitamin E. Para ilmuwan memanipulasi struktur molekul vitamin E dan menemukan bahwa efektifitas ini agen baru yang mereka ciptakan sebanyak 20 kali lipat lebih tinggi dibandingkan vitamin itu sendiri dalam sel. Dalam percobaan yang dilakukan pada tikus, agen ini mengurangi ukuran tumor kanker prostat.

Temuan ini menunjukkan bahwa agen yang didasarkan pada struktur kimia dari salah satu bentuk vitamin E dapat membantu mencegah dan mengobati berbagai jenis kanker, terutama yang berhubungan dengan mutasi pada gen PTEN yang merupakan jenis kanker pada umumnya yang membuat Akt aktif.

Para peneliti mulai bekerja menggunakan kedua bentuk alpha dan gamma dari molekul vitamin E. Keduanya menghambat enzim yang disebut Akt itu dengan cara yang sangat ditargetkan, namun struktur gamma muncul sebagai bentuk yang lebih kuat daripada vitamin.

Akibatnya, vitamin menghendikan aktivasi Akt dengan menarik Akt dan protein lainnya yang disebut sebagai PHLPP1 di daerah yang sama dimana vitamin tersebut diserap. Chen merasa bangga sebab selama ini meski vitamin E telah digunakan namun tidak ada yang tahu bagaimana mekanisme untuk mencegah dan mengobati kanker hingga saat ini.

Sumber : sciencedaily.com

One thought on “Bagaimana Vitamin E Cegah Kanker?

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.