Prinsip kerja microwave

Microwave atau gelombang mikro ialah salah satu jenis gelombang yang memiliki frekuensi dan daerah panjang gelombang tertentu. Terlihat pada gambar di bawah.

Sumber: wikipedia.com
Sumber: wikipedia.com

Sangat banyak gelombang elektromagnetik yang memiliki sifat berbeda karena memiliki panjang gelombang yang berbeda dan frekuensi yang juga berbeda.

Yang perlu diketahui secara umum ialah bagaimana peningkatan energi dari gelombang sesuai dengan panjang gelombangnya. semakin kecil panjang gelombang maka energinya makin besar, begitu pula sebaliknya. sesuai dengan rumus E=hc/╬╗ . Energi berbanding terbalik dengan ╬╗(panjanggelombang)

maka Sinar gamma-lah yang memiliki energi terbesar sedangkan gelombang radio yang memiliki energi terendah. Untung saja gelombang radio yang dipakai dalam komunikasi manusia di bumi. Untuk HP digunakan gelombang mikro.

Cukup ya untuk pendahuluannya tentang gelombang.

Yang dibahas disini ialah penyempitan makna dari gelombang mikro atau microwave. Yaitu, Oven Microwave(OM). Penamaan ini karena pada prinsip kerja OM yang menggunakan energi dari gelombang mikro. Telah disebutkan bahwa setiap gelombang memiliki karakteristiknya sendiri. Gelombang mikro dapat berinteraksi dengan senyawa yang memiliki momen dipol. Gelombang mikro dapat memberinya energi sehingga senyawa yang memiliki momen dipol tersebut menjadi berenergi tinggi. Untuk kembali ke energi rendah, maka senyawa tersebut melepaskan energi dalam bentuk panas. Oleh karena itulah jika kita memasukkan bensin yang merupakan senyawa polar ke dalam mikrowave. tidak akan ada pengaruhnya karena gelombang mikro hanya akan melewatinya saja. Dilain kasus, jika air yang ada. maka air tersebut akan menjadi sangat panas.  Pemanasan dengan OM sangat efektif untuk makanan yang berair banyak karena dapat terjadi pemanasan internal. Air merupakan senyawa yang polar

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.