Fisika universitas

MENGENAL RADIASI BENDA HITAM

Advertisements

Pernahkah kamu merasa gerah ketika memakai pakaian yang berwarna gelap atau hitam di siang hari ? Jika iya, mengapa bisa demikian ? Nah, hal ini dikarenakan permukaan benda yang berwarna hitam akan menyerap kalor (radiasi panas) lebih daripada benda yang berwarna cerah. Fenomena ini berlaku juga pada radiasi benda hitam. Apa sih itu radiasi benda hitam ? Simak penjelasanyan  yuk !

Pengertian Radias Benda Hitam

Radiasi benda hitam adalah salah satu jenis radiasi elektromagnetik termal yang terjadi di dalam atau di sekitar benda dalam keadaan kesetimbangan termodinamika dengan lingkungannya atau saat ada proses pelepasan dari benda hitam. Benda hitam merupakan benda yang buram dan tidak memantulkan cahaya. Diasumsikan demi perhitungan dan teori berada pada suhu konstan dan seragam. Radiasi ini memiliki spektrum dan intensitas spesifik yang bergantung hanya benda temperatur benda.

(baca juga Bahaya Radiasi Ponsel)

Radiasi panas yang dilepaskan spontan oleh banyak benda dapat diperkirakan sebagai radiasi benda hitam. Sebuah daerah terinsulasi sempurna yang berada pada kesetimbangan termal secara internal berisi radiasi benda-hitam dan akan melepaskannya melalui lubang yang dibuat pada dinding, lubang dibuat kecil sehingga tidak berpengaruh pada kesetimbangan.

apa itu radiasi benda hitam
(Sumber: fisikazone.com)

Benda-hitam pada suhu ruang terlihat hitam, karena semua energi yang ia radiasikan adalah inframerah dan tak dapat dilihat mata manusia. Karena mata manusia tak dapat melihat warna pada intensitas cahaya sangat rendah, sebuah benda hitam jika dilihat dalam gelap terlihat berwarna abu-abu (namun ini hanya karena mata manusia hanya sensitif terhadap hitam dan putih pada intensitas cahaya sangat rendah- pada kenyataanya, frekuensi cahaya pada range terlihat tetaplah berwarna merah), meski spektrum puncaknya berada pada kisaran inframerah. Jika sedikit dipanaskan, warnanya terlihat merah tua. Jika temperatur dinaikkan terus maka menjadi biru-putih. Contohnya pada pembakar kompor listrik. Ketika menaikkan suhu kompor dari suhu rendah ke suhu tinggi, dapat teramati bahwa kompor tersebut menghasilkan radiasi benda hitam dan terjadi perubahan dari hitam menjadi merah membara. Istilah benda hitam pertama kali diperkenalkan oleh Gustav Kirchhoff tahun 1860. Radiasi benda-hitam disebut juga radiasi sempurna atau radiasi temperatur atau radiasi termal.

BACA JUGA  Memahami Reaksi polimerisasi

Daya serap dan pancar

Benda hitam mempunyai nilai absorptansi (daya serap) dan emisivitas (daya pancar) yang besarnya sama dengan satu (e=1) artinya benda hitam menyerap semua energi yang diterima dan tidak ada energi yang keluar. Berbeda halnya dengan benda putih yang memiliki nilai emisivitas yang besarnya sama dengan nol (e=0) artinya benda putih memantulkan seluruh energi radiasi.

Nah sekarang kamu sudah tau kan dan paham apa itu radiasi benda hitam.

1 comment

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.