Biologi Biologi Materi Pelajaran SMA universitas

Organ Sistem Pernapasan Manusia

Advertisements

Pernapasan merupakan salah satu yang paling utama untuk tubuh. Sesorang bisa bernapas berkat kerja sistem pernapasan yang baik. Sistem Pernapasan pada manusia merupakan sekumpulan organ yang terlibat dalam proses pertukaran gas oksigen dan karbon dioksida. Oksigen sangat dibutuhkan oleh tubuh, tanpa oksigen, otak tidak bisa berfungsi. Ada beberapa organ yang terdapat pada sistem pernapasan manusia yaitu :

Rongga Hidung

Rongga hidung merupakan rongga tempat masuknya udara untuk bernapas yang juga mengawali rangkaian dari Sistem Pernapasan pada manusia. Hidung terdiri dari lubang hidung dan rongga hidung. Pada rongga hidung terdapat rambut hidung yang dapat berfungsi menyaring udara yang masuk ke rongga hidung. Dan selaput lendir yang berada pada rongga hidung berfungsi untuk mengatur suhu dan kelembaban udara yang sesuai dengan tubuh. Pada  rongga hidung yang akan masuk mengalami tiga proses yaitu penyaringan udara, pengaturan kelembaban dan penghangatan udara. Nah, jadi tidak hanya pada di rongga hidung juga terdapat ujung-ujung saraf pembau. Saraf ini untuk membedakan bau-bau yang masuk ke dalam hidung.

Pangkal tenggorokan (laring)

Laring atau pangkal tenggorokan, yang berfungsi sebagai tempat melekatnya selaput atau pita suara. Pada  laring lah suara  kita dapat dihasilkan. Nah, jadi pada laring dapat terkena infeksi yang dapat dikenal dengan penyakit laryngitis. Penyebab infeksi yang dapat terjadi karena  adanya peradangan akibat sering teriak, infeksi atau iritasi.

Trakea (batang tenggorokan)

Trakea terletak pada depan kerongkongan dan terdiri dari tulang-tulang rawan yang berbentuk cincin. Pada trakea terdapat katup yang berfungsi untuk membuka dan menutup saluran pernapsan. Ketika sedang berbicara, katup menutup saluran makanan tertutup dan saluran pernpasan terbuka. Dan ketika sedang menelan, katup membuka, saluran makanan terbuka dan saluran pernapasan terbuka.

BACA JUGA  Larutan Penyangga (Part 3)

Bronkus (cabang batang tenggorokan)

adalah cabang batang tenggorokan yang menyambungkan antara trakea dan paru-paru. Bronkus tersusun atas tulang-tulang rawan yang berbentuk cincin yang hamper sama dengan trakea. Bronkus terdiri dari dua cabang yang masing-masing cabang menyambungkan ke paru-paru kanan dan paru-paru kiri.

Bronkiolus (anak cabang tenggorokan)

Bronkiolus adalah organ pernapasan yang berada di dalam paru-paru bronkiolus paru-paru sebelah kanan terdapat 3 lobus dan paru-paru sebelah kiri terdapat 2 lobus.

Paru-paru (pulmo)

Paru-paru terletak di dalam rongga dada dan terdiri dari 3 gelambir pada paru-paru kanan dan 2 gelambir pada paru-paru kiri. Di dalam paru-paru lah terjadinya pertukaran udara kotor yang mengandung karbon dioksida (CO2) dengan udara bersih yang mengadung oksigen (O2). Pada pertukaran udara ini terjadi dalam gelembung paru-paru (alveolus) yang bersentuh dengan bronkiolus.

Demikian Sistem Pernapasan pada manusia dan penjelasanya secara singkat semoga saja dapat dipahami, silahkan bertanya jika ada yang belom di mengerti

#mahasiswaproduktif #Biologi  

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.