Rangkuman Klasifikasi Ligan Ligan (Bagian 1)


Senyawa koordinasi adalah senyawa yang mengandung satu atau lebih ion kompleks dengan sejumlah kecil molekul atau ion di seputar atom atau ion logam pusat, biasanya dari logam golongna transisi.(chang, 2005)

Rangkuman Klasifikasi Ligan Ligan

Ligan adalah molekul sederhana yang dalam senyawa kompleks bertindak sebagai donor pasangan elektron (basa Lewis). ligan akan memberikan pasangan elektronnya kepada atom pusat yang menyediakan orbital kosong. interaksi antara ligan dan atom pusat menghasilkan ikatan koordinasi. Pada gambar diatas, molekul NH3 yang bertindak sebagai ligan.

 

Klasifikasi Ligan

Ligan diklasifikasikan berdasarkan beberapa sifatnya. Yaitu:

  1. Berdasarkan sifat pasangan elektron yang mendonasi, ligand diklasifikasikan menjadi donor pas. elekron bebas, ikatan– π, ikatan-σ.

Rangkuman Klasifikasi Ligan Ligan

1.a Donor pasangan elektron bebas

Senyawa-senyawa yang memiliki pasangan elektron bebas pada kulit terluarnya dapat menjadi pendonor pasangan elektron bebas yang bertindak sebagai basa lewis

Pada gambar diatas telihat :NH3 sebagai contohnya, N yang masih memiliki pasangan elektron bebas dapat mendonorkannya pada atom pusat sehingga terbentuk ikatan koordinasi yang menjadi senyawa kompleks.

Ligand yang memberikan pasangan elektron sehinga membentuk ikatan σ M-L disebut sebagai σ donor.

Rangkuman Klasifikasi Ligan Ligan

Beberapa ligand pendonor pas-e bebas mungkin membentuk ikatan π M-L bonds. Disebut π donor, π acceptor. Ligand pendonor elektron pada logam membentuk ikatn- π disebut π donor

Misalnya pada 2 senyawa ini, sudut dari –O– membentuk 120 dan 180, berbeda dari air yang hanya 104,5 . hal ini disebabkan adanya π donor pada senyawa tersebut yang membuat sudut ikatannya membesar akibat tolakan yang lebih kecil karena pemakaian elektron elektron bebasnya untuk didonorkan sebagai  π donor.

Rangkuman Klasifikasi Ligan Ligan

Beberapa ligan dapat bertindak sebagai phi donor atau pun sigma donor, dan juga sekaligus phi akseptor ataupun sigma akseptor. Beberapa diantaranya yaitu sebagai berikut :

Rangkuman Klasifikasi Ligan Ligan

1.b Ligand pendonor pasangan elektron – π bonding

Senyawa senyawa tersebut dapat menjadi donor pasangan elektron – π bonding pada atom logam.

Rangkuman Klasifikasi Ligan Ligan

Ligan yang memiliki ikatan phi yang bisa melakukan donor pasangan elektron phi bonding. Pada Contoh, etilen memiliki yang memiliki orbital kosong disekelilingnya dapat menjadi phi akseptor. Namun yang bisa terjadi jika etilen anti-bonding karena akan cocok berinteraksi dengan atom logam.

Rangkuman Klasifikasi Ligan Ligan

Hapticity ligand:

ligand mungkin memiliki lebih dari satu cara untuk berikatan dengan atom pusat.

Hapticity sendiri digunakan untuk menggambarkan bagaimana atom-atom dari suatu ligan berkoordinasi dengan atom pusat. Pada penulisan nama, hapticity berupa huruf yunani “eta” η, diikuti dengan pangkat angka yang menunjukkan jumlah dari hapticity-nya.

Rangkuman Klasifikasi Ligan Ligan

1.c Ligand pendonor pasangan elektron – σ
Gambar dibawah menunjukkan perbedaan posisi ikatan antara logam dan ligan yang menghasilkan ikatan sigma dan ikatan phi.

Rangkuman Klasifikasi Ligan Ligan

Yang membedakan terjadinya kedua macam ikatan seperti pada gambar diatas yaitu akibat perbedaan logamnya, atom logam yang memiliki Bilangan Oksidasi rendah, cenderung akan melakukan ikatan sigma, dan berlaku sebaliknya. Contohnya pada gambar dibawah.

Rangkuman Klasifikasi Ligan Ligan

* Kebasaan relatif dari pasangan elektron:

elektron bebas > pasangan elektron p > pasangan elektron s

* Oleh karena itu kemampuan berikatan:

donor pas-e bebas > donor elektron p > donor elektron s.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s