Si Emas Hitam Gaharu


https://encrypted-tbn0.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcSARllvseA9gUZ1EJsvevZ-S0Yf5UHxeVg_ujd_W23H0UdIyTfy

Selain digunakan sebagai bahan perlengkapan rumah, kayu juga dibutuhkan untuk bahan baku di dalam industri parfum, dupa, obat-obatan, pengawet, kosmetika serta asesoris guna keperluan acara keagamaan. Contohnya kayu gaharu. Seperti apa sih kayu gaharu?


Gaharu adalah kayu berwarna kehitaman dan mengandung resin khas yang dihasilkan oleh sejumlah spesies pohon dari marga/genus Aquilaria, terutama A. malaccensis. Resin ini digunakan dalam industri wangi-wangian (parfum dan setanggi) karena berbau harum. Gaharu sejak awal era modern (2000 tahun yang lalu) telah menjadi komoditi perdagangan dari Kepulauan Nusantara keIndia, Persia, Jazirah Arab, serta Afrika Timur.

Bagaimana gaharu bisa digunakan sebagai bahan baku minyak wangi?
Gaharu mempunyai kandungan damar wangi yang akan mengeluarkan aroma harus yang khas. Aromanya itulah yang sangat digemari oleh sebagian basar masyarakat Timur Tengah,Uni Emirat, Saudi Arabia, Yaman, Korea , Oman, Jepang  dan daratan Cina. Selain itu, kayu gaharu juga memiliki kelebihan lainnya untuk berbagai kebutuhan lainnya.
Aroma khas gaharu berasal dari batang pohon sebagai akibat proses inveksi yang terjadi secara alami maupun buatan yang disebut resin.

Apa itu resin?
Resin adalah eksudat (getah) yang dikeluarkan oleh banyak jenis tetumbuhan, terutama oleh jenis-jenis pohon runjung(konifer). Getah ini biasanya membeku, lambat atau segera, dan membentuk massa yang keras dan, sedikit banyak, transparan.

Beberapa saat resin lembut dikenal sebagai ‘oleoresin’, dan ketika mengandung asam benzoat atau asam sinamat mereka disebut balsem. Oleoresin yang terjadi secara alami campuran minyak dan resin, mereka dapat diekstraksi dari berbagai tanaman. Produk resin lainnya dalam kondisi alami mereka adalah campuran dengan perekat atau zat mucilaginous dan dikenal sebagai resin gusi. Banyak resin senyawa memiliki bau yang berbeda dan karakteristik, dari campuran mereka dengan minyak esensial.

Apakah resin mempengaruhi harga komoditi gaharu?
Gaharu banyak diperdagangan dengan harga jual yang sangat tinggi terutama untuk gaharu dari tanaman famili Themeleaceae dengan jenis Aquilaria spp. yang dalam dunia perdangangan disebut sebagai gaharu beringin.
Selain ditentukan dari jenis tanaman penghasilnya, kualitas gaharu juga ditentukan oleh banyaknya kandungan resin dalam jaringan kayunya. Semakin tinggi kandungan resin di dalamnya maka harga gaharu tersebut akan semakin mahal dan begitu pula sebaliknya.
Akibat dari nilai ekonomis yang sangat tinggi ini yaitu terancamnya kelestarian pohon gaharu di habitat aslinya. Ini terjadi karena tidak sedikit masyarakat yang memilih menebang gaharu dari alam ketimbang membudidayakannya. Memang pembudidayaan gaharu membutuhkan waktu yang lama dan untuk menghasilkan gaharu yang mengandung resin (gupal) tidak mudah. Jauh lebih mudah melakukan pemburuan dan penebangan kayu gaharu langsung dari hutan.

Iklan

One response to “Si Emas Hitam Gaharu

  1. kami menjual 1200 pohon gaharu umur 14 tahun diametr 35-45cm lokasi kalimantan timur di jual Rp. 1.500.000/pohon jika bermnat hub: 081322384757 /085222440656

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s