Materi Pelajaran

Materi Pelajaran Kesetimbangan Kimia

B. Konsep Kesetimbangan Dinamis

Advertisements

Kesetimbangan bersifat dinamis yang berarti dalam keadaan setimbang tidak terjadi perubahan konsentrasi dan warna secara makroskopis sedangkan secara mikroskopis reaksinya berlangsung bolak-balik.

Menurut Henry Louis Le Chatelier kesetimbangan dapat dipengaruhi oleh pihak lain sehingga dirumuskan azas Le Chatelier yang berbunyi: “Apabila pada sistem kesetimbangan yang berlangsung diberi suatu aksi, maka akan timbul reaksi dari sistem sehingga memperkecil aksi tersebut”

C. Faktor Pergeseran Kesetimbangan

1. Konsentrasi

Jika konsentrasi akan bergeser ke arah zat hasil pereaksi diperbesar maka kesetimbangan Sebaliknya jika konsentrasi zat hasil diperbesar kesetimbangan akan bergeser ke arah zat pereaksi.

2. Tekanan dan Volume

Jika dalam sistem kesetimbangan volume ditambah (tekanan menjadi kecil) maka kesetimbangan akan bergeser ke arah reaksi yang jumlah koefisiennya lebih besar. Sebaliknya jika volume diperkecil (tekanan menjadi besar), kesetimbangan akan bergeser ke arah reaksi yang jumlah koefisiennya lebih kecil. Perubahan tekanan dan volume tidak berpengaruh jika jumlah koefisien pada kedua ruas sama besar.

3. Temperatur

Jika temperatur dalam sistem kesetimbangan dinaikkan maka kesetimbangan akan bergeser ke reaksi yang membutuhkan kalor (endoterm). Sebaliknya jika suhu diturunkan kesetimbangan akan bergeser ke arah reaksi yang melepas kalor (eksoterm). Perbedaan wujud zat tidak berpengaruh terhadap perubahan suhu.

4. Katalis

Dalam kesetimbangan, katalis ditambahkan sebelum terjadinya keadaan setimbang. Ini dilakukan karena katalis tidak akan menggeser kesetimbangan melainkan mempercepat tercapainya keadaan setimbang.

Poin terakhir silahkan lanjut di halaman 3

Trisna Dwi Wardhana
Latest posts by Trisna Dwi Wardhana (see all)

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.