Skip to content
Iklan

Seberapa Bahayanya Nitrogen Cair Itu?


_63360439_chefs

Ada kasus dimana seorang remaja perutnya menjadi rusak setelah meminum koktail yang mengandung nitrogen cair. Jadi apa sebenarnya nitrogen cair itu? Bagaimana menggunakannya, dan apa yang perlu dilakukan dengan nitrogen cair itu?

Nitrogen cair yang memiliki titik didih -196 derajat Celcius biasa digunakan dalam berbagai hal, seperti pendingin untuk komputer, dalam pengobatan untuk menghilangkan kulit yang tidak diinginkan, kutil, sel-sel prakanker, dan dalam cryogenics, dimana para ilmuwan mempelajari efek suhu sangat dingin pada bahan-bahan tertentu.

Hal ini juga menjadi semakin umum atas restoran yang menggunakan nitrogen cair sebagai metode secara langsung untuk membekukan makanan atau minuman, serta bisa juga menciptakan awan mengesankan atau kabut di udara.

Nitrogen cair digunakan pada tahun 1980 di dalam buku masak oleh Mrs. Marshall yang disebut sebagai teknik Fancy Ice. Sejak saat itu, sejumlah restoran sudah mulai menggunakan teknik ini. Profesor Peter Barham yang berasal dari University of Britol School of Physics mengatakan bahwa nitrogen cair adalah nitrogen gas yang berbahaya yang telah didinginkan pada suhu rendah sehingga menjadi cair. Dia juga mengatakan bahwa gas cair yang sangat dingin dapat menyebabkan luka bakar radang dingin atau cryogenic juga tidak digunakan secara benar.

Terutama pada pegawai laboratorium, bisa beresiko sesak napas bila nitrogen cair yang tidak berwarna, tidak berbau dan berasa digunakan atau tumpah dalam ruang tertutup. Seperti halnya James Graham yang telah meninggal akibat sesak napas pada tahun 1999.

Nitrogen cair juga memiliki rasio ekspansi besar pada penguapan, satu liter nitrogen cair dapat menghasilkan sekitar 700 liter gas sehingga hanya volume yang relatif kecil dari nitrogen cair harus menguap dalam ruang untuk menghasilkan atmosfer yang rendah oksigen. Tekanannya dapat membangun dalam wadah tertutup karena mendidih.

Profesor Barham mengatakan bahwa nitrogen cair aman digunakan sebagai teknik dalam memasak asalkan sesuai dengan langkah-langkah keamanan yang ditentukan. Jika nitrogen cair ditambahkan ke dalam campuran es krim, maka cairan akan lebih cepat dingin dan menghasilkan uap. Teknik ini digunakan oleh beberapa restoran untuk menyiapkan es krim instan di meja, pembekuan dengan cara ini menghasilkan es krim dengan kristal es yang sangat kecil dan memiliki tekstur yang sangat halus. Namun, beliau menambahkan meski aman digunakan dalam pembuatan makanan dan minuman, bukan berarti nitrogen cair ini aman untuk dikonsumsi. Mengapa?

John Emsley yang merupakan penulis sains dan rekan di Royal Society o Chemsitry mengatakan bahwa jika sedikit saja jumlah nitrogen cair yang tertelan, maka hasilnya dapat menghebohkan. Bila Anda minum lebih dari beberapa tetes nitrogen cair, seperti satu sendok teh, itu akan membeku dan menjadi padat dan rapuh seperti kaca. Bayangkan hal seperti itu terjadi pada saluran pencernaan atau lambung Anda.

Cairan tersebut juga cepat menyerap panas, mendidih, dan menjadi gas yang dapat menyebab kerusakan seperti perforasi atau menyebabkan perut meledak. Dengan menggunakan nitrogen cair dapat menyebabkan cedera serius terutama jika percikan di mata atau kulit. Pastikan Anda menyimpannya dalam wadah yang dirancang khusus, menggunakan kacamata, sarung tangan tahan air dan celemek tahan air

Dr Alex Valavanis, seorang peneliti di Institut Oven Microwave and Photonics yang berasal dari University Leeds yakin bahwa sangat mungkin bagi seseorang untuk menelan seteguk sebelum mereka menyadari rasa sakit, awalnya juga mereka tida segera merasa dingin. Beliau mengatakan penundaan dalam merasakan dingin tersebut dinamakan sebagai efek Leidenfrost yang terjadi ketika cairan di dekat kontak dengan massa signifikan lebih panas dari titik didih cairan itu sehingga menghasilkan uap isolasi. Dia juga sependapat bahwa hanya dengan meminum seteguk nitrogen cair akan berubah menjadi 25 liter gas yang mampu meledakkan perut seseorang.

Sementara itu, Emsley berpikir bahwa gas cair itu aman di tangan koki resotran atau bartender yang sudah terlatih dan harus ada peringatan keras untuk tidak sembarangan dalam bermain dengan benda tersebut. Jika beberapa tetes saja yang jatuh pada jari Anda mungkin akan segera mendidih  dan jari Anda tidak mengalami kerusakan fatal. Namun, berbeda lagi jika Anda menyelupkan jari ke dalam nitrogen cair, mungkin jari akan menjadi seperti kaca yang mudah pecah dan keras.

Sumber : www.bbc.com

Iklan

6 Comments »

  1. kenapa gak kena akismet? karena itu bukan komen spam otomatis, mereka menggunakaan formula google untuk mencari blog yang ramai. bisa juga menggunakan jasa komen berbayar (biasanya iklan situs bisnis atau youtube). namanya juga orang mau cari untung. 😈
    kalo programmer profesional mah gak bakal pake mesin wordpress lho, terbukti masih kacangan. 😀

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s