Skip to content
Iklan

Fakta Kimia (3)


Kembali dengan Fakta Kimia. Kali ini saya sajikan beberapa fakta unik kimia yang mungkin menarik untuk dibaca.

Antara lain yaitu :

 

1. Coca Cola Pernah Mengandung Kokain?

bahaya coca colaCoca – Cola pada awalnya adalah salah satu dari ratusan minuman berbasis-coca yang diklaim bersifat sebagai obat dan bermanfaat untuk kesehatan. Pemasaran awal mengklaim bahwa Coca – Cola dapat meringankan sakit kepala dan bertindak sebagai ” tonik untuk otak dan saraf”. Daun Coca digunakan dalam persiapan Coca – Cola dan sejumlah kecil kokain dipakai dalam pembuatan produk. Pada tahun 1903 Coca – Cola menghapus kokain dari formulanya, menggantikannya dengan kafein sebagai bahan merangsang, menjatuhkan semua klaim produk ini sebagai obat sebagai tanggapan atas tekanan yang meningkat dari United States Food and Drug Administration, yang berkampanye melawan bahan makanan berbahaya dan yang diklaim menyesatkan. Sampai tahun 1929, minuman ini masih berisi jejak-jejak alkaloid kokain , meskipun tidak memiliki efeknya.

Pada tahun 1911 Amerika Serikat menggugat Coca – Cola Company, dalam upaya untuk memaksa Coca – Cola Company untuk menghilangkan kafein dari Coca – Cola, mengklaim bahwa kafein berbahaya bagi kesehatan. Amerika Serikat kalah dalam kasus ini, tapi keputusan itu kemudian terbalik pada banding yang diajukan ke Mahkamah Agung Amerika Serikat tahun 1916. Untuk menghindari litigasi lebih lanjut, Coca – Cola Company menyelesaikan, membayar semua biaya hukum dan setuju untuk mengurangi jumlah kafein dalam produknya. Kongres meloloskan undang-undang yang tentang kafein yang harus terdaftar pada label bahan produk.

 

2. Ada sekitar 1/2 pon atau 250 g garam (NaCl) dalam rata-rata tubuh manusia dewasa.

Kristal Sodium Chloride

Kristal Sodium Chloride. Sumber Gambar : wikipedia.org

Natrium atau sodium merupakan salah satu mineral penting bagi tubuh manusia. Kadar natrium sekitar 2 persen dari total mineral yang ada dalam tubuh. Rata-rata tubuh orang dewasa mengandung sekitar 250 gram senyawa natrium klorida (NaCl) yang setara dengan 100 gram unsur natrium.

 

3. Kita dapat memperpanjang umur karet gelang dengan menyimpannya di dalam lemari es.

Berbagai Warna Karet Gelang

Berbagai Warna Karet Gelang. Sumber Gambar : wikipedia.org

Sifat karet gelang bisa dibilang sangat kompleks. Ketika karet gelang ditarik, menyebabkan rantai polimer menjadi sangat teratur dan dapat membuang energi panas (heat) sehingga memperpendek daya hidupnya. Tapi ketika karet gelang dalam keadaan relax yang sangat tidak teratur, dan akan menjadi dingin ketika dari keadaan terstruktur menjadi keadaan relax. Jadi, ketika karet gelang diletakkan di lemari es akan membuat polimer lebih relax, karena sifat mereka dalam dingin. Tetapi sesuatu yang harus diperhatikan adalah meregangkan karet gelang segera setelah berada di lemari es. Hal ini akan menyebabkan karet gelang melemah secara signifikan karena perubahan yang cepat pada keadaannya.

 

4. Emas, seukuran kotak korek api, dapat diratakan sampai ukuran lapangan tenis

Emas Batangan

Emas Batangan. Sumber Gambar : wikipedia.org

Menurut American Museum of Natural History (AMNH), Emas ditempa, sehingga dapat diratakan menjadi lembaran yang sangat tipis dengan teknik kuno, menyepuh. Pengrajin tradisional memukuli emas mentah diantara potongan kulit sampai hampir terlalu tipis untuk dilihat. Satu ons emas dapat dipalu cukup tipis untuk menutupi lebih dari 9 meter persegi (96,9 kaki persegi) dari permukaan. Tebal emas mungkin hanya 0,18 mikron (tujuh sepersejuta inci); bahkan bila 7.055 lembarnya ditumpuk tidak akan lebih tebal daripada uang receh.

Jika 1 troy ons emas dapat ditempa untuk menutupi 96,9 kaki persegi. Dan ukuran sebuah lapangan tenis adalah 78 kaki x 36 kaki atau 2.808 kaki persegi. Berarti emas yang dibutuhkan sekitar 28,9 ons troy emas, atau 898,89 gram emas. 1000 gram emas batangan dari ukuran Harrods yaitu : 115,0 milimeter x 52,0 milimeter x 9.0 milimeter ( 4,5 inci x 2,04 inci x 0,35 inci ) hampir sama dengan dimensi yang bisa ditemukan pada korek api ( rata-rata 5,5 inci x 3 inci x 1,5 inci ).

 

5. Katak tidak perlu minum air karena mereka dapat menyerap air melalui kulit mereka.

Katak Jenis Northern Leopard Yang Sedang Berganti Kulit Dan Memakannya

Katak Jenis Northern Leopard Yang Sedang Berganti Kulit Dan Memakannya. Sumber Gambar : wikipedia.org

Katak memiliki kulit yang sangat istimewa. Mereka tidak hanya memakainya, mereka minum dan bernapas melalui itu.
Katak biasanya tidak menelan air seperti yang kita lakukan. Sebaliknya mereka menyerap sebagian besar uap air yang mereka butuhkan melalui kulit mereka.

Tidak hanya itu, tapi katak juga mengandalkan kulitnya untuk mendapatkan oksigen tambahan (selain apa yang mereka dapatkan dari paru-paru mereka) dari air dengan menyerap melalui kulit mereka. Karena katak mendapatkan oksigen melalui kulit mereka ketika lembab, mereka harus merawat kulit mereka atau mereka mungkin bisa mati lemas. Kadang-kadang kita akan menemukan katak yang licin kulitnya. Hal ini karena kulit katak mengeluarkan lendir yang membantu kulit mereka tetap lembab. Bahkan dengan kulit licin, katak ini tetap perlu tinggal di dekat air. Kodok di sisi lain memiliki kulit keras yang tidak kering lebih cepat, sehingga mereka dapat hidup jauh dari air daripada kebanyakan katak.

Selain melompat dalam air, katak dan kodok bisa mendapatkan air dari embun, atau mereka dapat bersembunyi di bawah tanah ke dalam tanah yang lembab.

Katak berganti kulit mereka secara teratur untuk tetap sehat. Beberapa katak melepaskan kulit mereka setiap minggu, yang lainnya mungkin sesering mungkin hingga setiap hari. Mereka mulai memutar dan berbalik dan bertindak seperti mereka memiliki cegukan. Mereka melakukan ini untuk meregangkan diri dari kulit tua mereka! Akhirnya, katak menarik kulit dari atas kepalanya, dan kemudian memakannya sendiri.

 

6. Sebagian besar lipstik mengandung sisik ikan

Contoh Lipstick

Contoh Lipstick. Sumber Gambar : wikipedia.org

Lipstik mengandung lilin, minyak, antioksidan dan emolien. Lilin memberikan struktur untuk lipstik supaya padat. Lipstik dapat dibuat dari beberapa lilin seperti lilin lebah, ozokerite dan candelilla lilin. Berbagai minyak dan lemak juga digunakan dalam lipstik, seperti minyak zaitun, minyak mineral, cocoa butter, lanolin, dan petrolatum. Lebih dari 50% dari lipstik yang dibuat di Amerika Serikat bahkan mengandung lemak babi atau minyak jarak, yang memberikan mereka penampilan mengkilap.

Lipstik mendapatkan warna mereka dari berbagai pigmen dan pewarna, namun tidak terbatas pada asam bromo, A & P Red No 21, Kalsium Lake seperti D & C Red 7 dan D & C Red 34, dan A & P Orange No 17. Lipstik pink dibuat dengan mencampur titanium dioksida yang tidak berwarna dengan nuansa merah. Kadang pigmen yang digunakan bisa pigmen organik dan anorganik.

Lipstik matte mengandung agen pengisi yang lebih seperti silika, tapi tidak punya banyak emolien. Lipstik creme mengandung lebih banyak lilin daripada minyak. Lipstik Sheer yang tahan lama dan mengandung banyak minyak, sementara lipstik tahan lama juga mengandung minyak silikon, yang mengunci warna bibir si pemakai. Glossy lipstik mengandung lebih banyak minyak untuk memberikan kesan mengkilap pada bibir. Lipstik shimmery mungkin berisi mika, silika, sisik ikan, dan partikel mutiara sintetis untuk memberi mereka berkilauan atau cerah berkilauan.

 

Untuk fakta kimia yang lain bisa dibaca di artikel FAKTA KIMIA dan artikel Fakta Unik Kimia (2) .

 

Sumber :
– wikipedia.org
– wiki.answers.com
– chemistry.about.com
– omgfactcheck.tumblr.com
– allaboutfrogs.org

Iklan

3 Comments »

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s