Skip to content
Iklan

Resep Sehat Wanita : PMS Go Away! (Bagian 3)


Nyeri Haid

PMS (Pre Menstrual Syndrome) merupakan gejala haid yang menakutkan bagi wanita. PMS dapat terjadi sangat hebat hingga membuat penderitanya tidak dapat melakukan aktivitas sehari-hari, menyebabkan pingsan, bahkan menimbulkan keinginan bunuh diri.

Artikel ini merupakan bagian akhir dari tiga artikel yang mengupas tuntas masalah PMS. Pada bagian terakhir ini, akan dijelaskan mengenai tanda-tanda PMS, dan tips-tips untuk mencegah PMS.

Bagi pembaca yang belum membaca artikel sebelumnya, sebaiknya membaca dua artikel sebelumnya, agar pengetahuan anda mengenai PMS komplit. Adapun artikel sebelumnya yaitu : “Resep Sehat Wanita : PMS Go Away! (Bagian 1)” dan “Resep Sehat Wanita : PMS Go Away! (Bagian 2)”.  Silakan disimak sampai tuntas ya!

Apa tanda-tanda PMS?

Dr. Guy E. Abraham, ahli kandungan dan kebidanan dari Fakultas Kedokteran UCLA, AS, membagi PMS menjadi 4 tipe dengan gejala yang bervariasi, yaitu : tipe A, tipe H, tipe C, dan tipe D. Setiap wanita ada yang mengalami satu tipe saja, dan ada juga yang mengalami gabungan beberapa tipe. Berikut gejala-gejala yang ditimbulkan oleh masing-masing tipe :

  1. PMS Tipe A (Anxiety), ditandai dengan : rasa cemas, sensitif, saraf tegang, depresi, dan perasaan labil.
  2. PMS Tipe H (Hyperhydration), ditandai dengan : mengalami pembengkakan pada tangan dan kaki, payudara nyeri, dan peningkatan berat badan.
  3. PMS Tipe C (Craving), ditandai dengan : rasa lapar dan ingin mengkonsumsi makanan atau minuman yang manis-manis. Tetapi setelah mengkonsumsi yang manis-manis penderita akan merasa lemas seperti kelelahan, jantung berdebar, pusing, bahkan sampai pingsan.
  4. PMS Tipe D (Depression), ditandai dengan perasaan labil atau depresi, misalnya : ingin menagis, nelangsa, lemah, gangguan tidur, bingung, sulit berkonsentrasi, atau bisa lebih ekstrim seperti ingin bunuh diri atau mencoba bunuh diri.

Bagaimana cara mencegah PMS?

Seperti yang telah dijelaskan dalam artikel sebelumnya bahwa, PMS terjadi sebagai akibat dari aktivitas hormonal dan dapat diperparah oleh pola makan dan kebiasaan buruk. Berpijak pada hal tersebut, maka PMS dapat dicegah dengan cara-cara berikut ini :

1.  Konsumsi Sayuran Hijau

Perbanyak mengkonsumsi sayuran hijau, seperti : bayam, buncis, dan kacang polong. Sayuran hijau banyak mengandung zat gizi yang baik untuk tubuh, seperti : mineral, magnesium, kalsium, potasium, serat, dan vitamin K.

Kandungan serat dan mineral mampu mengurangi rasa nyeri dan mengurangi retensi air dalam tubuh. Kandungan mineral mampu mencegah dan menyembuhkan kram saat haid.

Kalsium, magnesium, dan potasium mampu memperbaiki suasana hati, menenangkan dan menurunkan amarah. Sedangkan vitamin K berfungsi dalam pembekuan darah dan mencegah pendarahan berlebih.

2.  Konsumsi Asam Lemak Omega 3

Prostaglandin merupakan anggota kelompok senyawa lipid, yang berasal dari lemak. Cara untuk mencegah gejala yang ditimbulkan hormon ini adalah dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung asam lemak omega 3.

Untuk memenuhi asupan asam lemak omega 3, anda dapat mengkonsumsi : ikan laut, kacang-kacangan, dan biji bunga flax (flaxseed). Selain itu, jauhkan diri anda dari makanan yang mengandung lemak jenuh, seperti : gorengan dan daging berlemak.

3.   Konsumsi Protein

Mengkonsumsi protein penting untuk mengatur kadar serotonin dalam tubuh. Untuk memenuhi kebutuhan protein anda dapat mengkonsumsi : ikan, ayam, dan kacang-kacangan.

4.  Konsumsi Vitamin B Komplek

Vitamin B komplek banyak terkandung dalam gandum utuh, sereal, telur, pisang, dan kacang-kacangan. Vitamin B komplek, khususnya vitamin B6 dapat membantu menstabilkan gula darah dan memperbaiki suasana hati. Mengkonsumsi makanan yang mengandung B6 akan membantu anda mengatasi rasa lelah dan depresi.

5.  Banyak Minum Air Putih

Ganti minuman berkafein dan bersoda dengan air putih. Hindari minum alkohol. Sembilan puluh Sembilan persen tubuh kita terdiri dari carian. Banyak minum air putih dapat mengganti cairan yang terbuang saat menstruasi. Mengkonsumsi air hangat mampu memperlancar aliran darah dan berkhasiat mengatasi perut kembung.

6.  Olahraga Secara Teratur

Usahakan olahraga secara teratur minimal 15 menit setiap hari. Jangan malas melakukan aktivitas fisik seperti jalan kaki, bersepeda, berenang, jogging, aerobik, atau dancing. Lakukanlah aktivitas fisik yang menyenangkan dan sesuai dengan minat anda. Olahraga secara teratur juga membantu mencegah stress.

7.  Hentikan Kebiasaan Buruk

Berhenti merokok, perhatikan cemilan, hindari konsumsi gula berlebihan, hindari makan gorengan dan daging berlemak. Gantilah cemilan anda dengan buah-buahan. Karena mengkonsumsi cemilan yang banyak mengandung garam akan memperburuk PMS. Selain itu buah-buahan mengandung vitamin C dan antioksidan yang mampu meningkatkan daya tahan tubuh.

Dengan menjalankan tips-tips di atas secara teratur dalam kehidupan sehari-hari, baik sebelum, selama, maupun sesudah masa haid, maka anda akan memiliki tubuh yang sehat dan terhindar dari PMS. Selamat mencoba! PMS go away!!!

Sumber Gambar : http://www.nhs.uk/Conditions/Periods-painful/PublishingImages/Period-Pain-011_342x198.jpg

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s