Skip to content
Iklan

Kimia Inti – II


Lanjutan dari artikel kimia inti I yang telah membahas dasar dasar  dari kimia inti yang meliputi persamaan reaksi , dan partikel partikel radio aktif. Sekarang mari kita lebih mempelajari mengenai kimia inti.

Reaksi Fisi

Reaksi Fisi ialah reaksi terpecahnya suatu unsur radio aktif menjadi 2 atau lebih unsur yang bisa bersifat radioaktif ataupun stabil sambil melepaskan energi yang sangat besar. Pada gambar dibawa dapat dilihat bahwa Uranium 235 di tembakkan dengan netron makan akan terjadi reaksi fisi

pembahasan reaksi fisi

Contoh reaksi fisi yang paling umum adalah senjata nuklir atau bom atom dan pembangkit listrik tenaga nuklir. Dalam kedua aplikasi ini reaksi fisi mempunyai fungsi dan manfaat yang berbeda. Reaksi fisi yang digunakan dalam pembuatan bom atom berfungsi sebagai tenaga pemusnah massal yang dimanfaatkan sebagai alat untuk menyerang dan pertahanan suatu negara. Sedangkan reaksi fisi yang digunakan sebagai pemangkit tenaga listrik berfungsi sebagai sumber energi yang bermanfaat untuk kesejahteraan umat manusia.

Reaksi Fusi

Reaksi Fusi ialah reaksi bergabungnya dua atom menjadi 1 atom yang berbeda  dan melepaskan energi yang besar

Sumber : Perpustakaancyber.blogspot.com

Contoh reaksi fusi adalah reaksi inti yang terjadi pada matahari dan bintang-bintang. Reaksinnya dapat dituliskan sebagai berikut:

Referensi
Iklan

2 Comments »

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: