Apa Peran Pigmen dalam Cat?


​Tahukah kalian apa saja komposisi pembuatan cat?

Pada dasarnya pembuatan cat menggunakan teknologi yang berkaitan dengan teknologi kimia organik dan kimia polimer. Prosesnya dengan memanfaatkan kimia antar permukaan, kimia koloid, elektrokimia dan petrokimia.

Ada berbagai macam jenis komposisi bahan pembuat cat. Tetapi berbagai bahan tersebut dapat dikelompokkan menjadi tiga jenis, di mana sebuah cat harus mengandung ketiga jenis tersebut. Ketiga jenis bahan tersebut adalah pigmen, perekat (binder), dan pelarut (solvent).

Dari ketiga bahan tersebut yang mempengaruhibearna adalah pigmen. 

 Apakah pigmen itu?

Pigmen atau zat warna adalah zat yang mengubah warna cahayatampak sebagai akibat proses absorpsi selektif terhadappanjanggelombang pada kisaran tertentu. Pigmen tidak menghasilkan warna tertentu sehingga berbeda dari zat-zat pendar (luminescence).
Cat didefinisikan sebagai tebaran koloid dari pigmen dalam sarana (resin dan pelarut). Dengan demikian properti cat sangat tergantung pada ukuran partikel dan permukaan pigmen.
Tebaran pigmen adalah proses untuk membasahi dan melepas partikel utama pigmen dan menebarkannya ke dalam sarana secara merata. Untuk menghindari koagulasi dan menjaga agar kondisi tetap stabil, yang sangat penting adalah kontrol yang didasarkan atas kimia koloid dan kimia antar permukaan. Berbagai properti cat, seperti fluiditas, kehalusan, kilap, kekuatan menyembunyikan dan stabilitas penyimpanan sangat dipengaruhi oleh penebaran pigmen ini

Molekul pigmen menyerap energi pada panjang gelombang tertentu sehingga memantulkan pajang gelombang tampak lainnya, sedangkan zat pendar memancarkan cahaya karena reaksi kimia tertentu.

Pigmen mempunyai beberapa sifat yang khas. Apa saja itu?

  1. Mass Color/Mass Tone, menunjukkan warna dari pigmen yang digunakan dalam kekuatan penuh (fullstrength).
  2. Tinting Strength, yaitu kemampuan (relatif) suatu pigmen memberikan warna pada suatu basis putih.
  3. Oil Absorption, adalah nilai yang mengindikasikan jumlah Linseed Oilyangyangyangyangyangyangyangyang diperlukan untuk membasahi suatu pigmen.
  4. Hiding Power / Daya tutup, kemampuan suatu pigmen untuk menutupi subtrate yang mempunyai warna kontras (biasanya Hitam dan Putih / Black & White).
  5. Lightfastness, sifat ini berhubungan dengan cat eksterior, karena energi radiasi dari sinar matahari merupakan sumber penyebab perubahan warna. Sinar Ultra violet dari sinar matahari lebih merusak terhadap perubahan warna dan kekuatan lapisan cat disbanding radiasi spectrum warna.
  6. Exterior durability, ketahanan terhadap cuaca (Exterior durability) dari resin pengikat dalam sistim pelapisan /coating sering kali menentukan tingkatcolorfastness dari pigmen, karena kerusakan resin pengikat menyebabkan pengapuran pigmen yang menghasilkan tampak pudar yang tidak  bergantung dengan ketahanan dari pigmen.
  7. Bleeding, timbul bila suatu cat warna muda biasanya putih, diapplikasikan terhadap suatu sistem (cat dasar) warna tua yang mengandung pigmen organik yang dapat larut biasanya merah atau maroon.
  8. Daya tahan alkali dan keasaman kuat, sifat ini biasanya berpengaruhnya pada saat cat telah diaplikasikan.

Pigemen juga dapat berupa senyawa inorganik atau organik. Contoh pigmen anorganik yaitu senyawa TiO2 untuk menghasilkan warna putih. Sedangkan pigmen organik dapat diperoleh secara alami atau sintetis. Misalnya, pewarna alizarin yang dihasilkan secara sintetis dari reaksi senyawa alizarina dengan Al2O3 dan memberi warna merah pada cat. Alizarin mempunyai nama kimia 1,2-dihidroksi antraquinon (C14H8O4). Pewarna Carmine (C9H6F2O2) dihasilkan dari serangga Coccus Cacti yang hidup di tanaman kaktus. Pewarna ini digunakan untuk cat air dan memberi warnah merah.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s