Skip to content
Iklan

PENGOBATAN MUMER DENGAN TEH MANIS HANGAT


Teh manis hangat
Kisah ini bermula dari pengalaman pribadi saya. Waktu itu saya sedang sakit, badan saya panas dan menggigil, tapi sewaktu diperiksakan ke dokter, ternyata dokter menyatakan saya hanya kelelahan, soalnya hasil pemeriksaan menunjukkan bahwa tekanan darah dan detak jantung saya normal. Akhirnya, dokter pun hanya memberikan resep vitamin saja.

Namun apa yang terjadi? Sesampainya di rumah, jangankan minum resep yang telah diberikan dokter, minum air putih saja saya tidak sanggup. Semua yang masuk ke mulut saya, pasti akan saya muntahkan lagi. Singkat cerita, karena kondisi saya semakin lemah, akhirnya diputuskan opname di rumah sakit. Sebelum berangkat saya diminta istirahat, tidur sejenak. Sebelum tidur, ibu memberi saya segelas teh manis hangat dan meminta saya menghabiskannya.

Ternyata tubuh saya mampu menelan teh itu. Langsung saja saya habiskan hingga tetes terakhir. Setelah minum segelas teh manis hangat tadi, badan saya terasa lebih segar. Dan benar saja, saat saya bangun tidur, suhu badan saya sudah turun, dan saya juga sudah bisa mencerna makanan. Akhirnya saya batal dibawa ke rumah sakit. Selama tiga hari saya rutin minum teh manis sebelum makan, terutama pada pagi hari. Alhamdulillah, saya sembuh.

Apakah Anda pernah mengalami hal yang serupa dengan saya? Sebenarnya, hal yang saya ceritakan di atas dapat dijelaskan secara ilmiah. Unsur penting yang terdapat di dalam teh manis ada tiga, yaitu gula, air hangat, dan teh. Mari kita cermati lebih dalam

1. Gula

Pengertian yang saya baca dari Wikipedia menerangkan bahwa, “Glukosa, suatu gula monosakarida, adalah salah satu karbohidrat terpenting yang digunakan sebagai sumber tenaga bagi hewan dan tumbuhan.” Masih ingatkah kita dengan reaksi kimia di bawah ini :

C6H12O6 (g) + 6O2 (g) ——–> 6 CO2 (g) + 6 H2O (l)

Glukosa diserap ke dalam peredaran darah melalui saluran pencernaan. Sebagian glukosa ini kemudian langsung menjadi bahan bakar sel otak, sedangkan yang lainnya menuju hati dan otot.

Pada kondisi normal, gula diperoleh dari makanan yang kemudian melalui proses pencernaan mekanik dan pencernaan kimia, sebelum akhirnya dihasilkan glukosa yang siap diserap di dalam usus halus. Dengan meminum larutan gula, maka meringankan kerja organ tubuh dalam menghasilkan dan menyerap glukosa. Hasilnya, tubuh pun kembali bertenaga.

2. Air Hangat

Salah satu manfaat paling penting dari minum air hangat adalah efektif dalam membuang racun dan membersihkan sistem tubuh, terutama bila diminum di pagi hari. Hal ini karena, air hangat berkhasiat mampu melancarkan proses pencernaan makanan dan mampu melancarkan peredaran darah dalam tubuh.

3. Teh

Berdasarkan artikel Manfaat dan Bahaya Minum Teh, menjelaskan bahwa teh mengandung zat-zat kimia yang bermanfaat bagi tubuh, yaitu :

–          Polifenol berupa katekin dan flavanol, yang berfungsi sebagai antioksidan untuk menangkap radikal bebas dalam tubuh.

–          Vitamin E, berfungsi menjaga kesehatan jantung dan membuat kulit menjadi halus.

–          Vitamin C, berfungsi sebagai antioksidan dan untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

–          Vitamin A, berfungsi untuk mejaga kesehatan mata, hati, dan lain sebagainya.

–          Vitamin B komplek, berfungsi membantu metabolism makanan.

–          Monocitrat dan fluoride (Manganese, Zinc, Potassium), mampu mencegah bau mulut dan kerusakan gigi.

Sejak saat itu, tanpa terasa minum teh manis hangat sekarang sudah menjadi kebiasaan saya setiap pagi. Itu pengalaman saya, bagaimana dengan Anda? Sudahkah Anda minum teh manis hangat pagi ini?

Salam Sehat Selalu!

Suppie99

Iklan

1 Komentar »

  1. pak / mas bisa dijelaskan mengenai reaksi yang terjadi dari larutan air garam pada logam magnesium pada penerangan lampu led

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s