Skip to content
Iklan

Minum Air Putih di Pagi Hari? Perlu!


Image

Pernahkah Anda minum air putih setelah bangun di pagi hari? Jika belum, maka tumbuhkan kebiasaan tersebut untuk minum air putih setiap pagi setelah bangun tidur. Sebab, kebiasaan tersebut dapat mengubah hari-hari Anda agar lebih baik. Tidak hanya itu, bila Anda yang menginginkan berat badan turun namun tubuh tetap sehat dan bugar maka minum air putih setiap pagi sangat perlu. Mengapa? Mari kita simak apa saja manfaat dari minum air putih di pagi hari.

Hidrasi sel

Ketika seseorang tidur, bukan berarti proses pencernaan manusia berhenti. Mereka akan terus tetap terus mencerna dan menyedot cairan dalam tubuh, maka sering kali kita merasa haus ketika bangun tidur sebab ketika tidur pun tubuh memerlukan cairan. Maka dari itulah, dengan minum air putih dapat menghidrasi sel sehingga laju otot dan darah pun menjadi lancar.

Dr. Samuel Oetoro, SpGK selaku pakar gizi klinik mengatakan bahwa pada umumnya seseorang tidur antara 6 hingga 8 jam setiap malamnya. Ketika tidur itulah defisit air terus berkurang. Namun, bukan berarti beliau menyarankan untuk minum terlalu banyak sebab hal itu malah mengakibatkan kerja jantung menjadi semakin berat dan volume darahpun akan meningkat. Untuk itu, minum air putih yang dianjurkan hanya sekitar 1 hingga 2 gelas saja.

Detoks tubuh

Air, khususnya seperti perasan lemon dapat digunakan sebagai detoks alami sehingga mereka dapat membuang racun-racun yang bersarang di dalam tubuh. Selain itu, air putih juga dapat membersihkan usus besar dan dapat memperbaiki dalam penyerapan nutrisi di dalam tubuh.

Sebenarnya, air putih saja itu sudah cukup untuk mendetoks tubuh dari racun ini, namun akan lebih optimal lagi bila ditambah dengan perasan lemon. Seperti yang dijelaskan dalam buku yang ditulis Gillian McKeith dengan judul “You Are What You Eat” bahwa meminum air putih dengan tambahan perasan lemon di pagi hari dapat membersihkan tubuh dari berbagai macam racun.

Mengurangi berat badan

Dengan meminum air ternyata hal itu baik bagi sistem pencernaan, dengan pencernaan yang lancar berat badan pun dapat dikurangi bagi orang yang mengalami obesitas. Selain itu, minum air ketika perut kosong pada pagi hari juga dapat meningkatkan metabolisme dalam tubuh sepanjang hari.

Sebagai antibodi

Meski hanya air putih, tapi bukan berarti ini tidak bisa melawan segala penyakit. Orang yang sering sakit ada kemungkinan meraka mengalami kekurangan cairan sebab air memiliki peran penting untuk menjaga sistem limfatik. Pada saat sistem tersebut seimbang, maka tubuh juga dapat melawan infeksi dengan baik.

Sumber : kompas.com

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: