Skip to content
Iklan

Waspadai Obat Anti Depresan Memicu Penyakit Diabetes Tipe 2


Semakin beratnya pikiran seseorang akibat tekanan kerja, masalah keluarga, dan sebagainya, memicu seseorang untuk

Logo for the World Diabetes Day

Logo for the World Diabetes Day (Photo credit: Wikipedia)

mengkonsumsi obat anti depresan atau obat anti stress. Tapi tahukah anda, efek samping setelah mengkonsumsi obat anti depresan tersebut? Selain dijual dipasaran, dengan dosis yang tinggi, jika dikonsumsi berlebih obat anti depresan malah akan menjadi bumerang bagi kesehatan anda. Efek samping yang ringan bisa mengakibatkan sakit kepala, mual – mual, diare, bahkan depresi atau rasa cemas yang berlebih.
Bahkan akhir – akhir ini, diteliti obat antidepresan dapat mengakibatkan resiko diabetes tipe2. Hal itu seperti dipaparkan para peneliti Inggris. Tim dariUniversity of Southampton memandang bahwa studi medis yang tersedia menemukan bukti bahwa keduanya terkait. Maka waspadalah bagi anda yang gemar meminum obat anti depresan yang memicu timbulnya penyakit yang berbahaya.
Selain itu, orang yang menggunakan antidepresan akan menambah berat badan pada akhirnya, sehingga meningkatkan risiko diabetes mereka, seperti dikatakan Diabetes Care Journal. Obat itu sendiri dapat mengganggu kontrol gula darah. Analisis mereka dari 22 studi yang melibatkan ribuan pasien, di mana mengonsumsi antidepresan tidak bisa dinyatakan tunggal untuk setiap kelas obat atau tipe orang yang berisiko tinggi.
Prof Richard Holt dan rekan mengatakan, diperlukan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui faktor apa yang ada di balik temuan.
Dan mereka mengatakan bahwa dokter harus tetap memeriksa lebih dekat mengenai tanda-tanda peringatan awal diabetes pada pasien yang telah diresepkan obat ini.
Dengan 46 juta resep anti depresan setahun di Inggris, peningkatan risiko potensial ini sangat mengkhawatirkan.
Profesor Holt mengatakan, “Beberapa dari ini mungkin kebetulan tapi ada sinyal bahwa orang yang sedang dirawat dengan anti depresan kemudian memiliki peningkatan risiko terjadinya diabetes.
“Kita perlu berpikir tentang skrining dan melihat cara untuk mengurangi risiko itu.” Diabetes sangat mudah untuk didiagnosa dengan tes darah dan Profesor Holt mengatakan bahwa ini menjadi bagian dari konsultasi dokter.
“Diabetes berpotensi untuk dicegah dengan mengubah pola makan Anda dan menjadi lebih aktif secara fisik.”
“Aktivitas fisik juga baik untuk kesehatan mental Anda, sehingga ada alasan untuk berpikir tentang perubahan gaya hidup.”Sekira tiga juta orang di Inggris diperkirakan memiliki diabetes, dengan sebagian besar kasus ialah diabetes tipe 2.
Dr Matius Hobbs mengatakan, “Temuan ini gagal menjadi bukti kuat bahwa mengonsumsi antidepresan langsung meningkatkan risiko diabetes tipe 2. Dalam ulasan ini, bahkan studi yang tidak menunjukkan hubungan hanya menunjukkan efek kecil dari hal tersebut mengingat dua hal itu cenderung terjadi bersamaan. Hal ini tidak berarti bahwa salah satu menyebabkan hal yang lain, seperti dilansirBBC.
“Tapi yang jelas bahwa beberapa obat antidepresi menyebabkan kenaikan berat badan dan membuat peningkatan risiko diabetes tipe 2. Siapa pun yang saat ini sedang menggunakan atau mempertimbangkan untuk mengonsumsi antidepresan dan khwatir tentang hal ini harus mendiskusikan masalah mereka dengan dokter.”

Sumber : http://health.okezone.com/read/2013/09/30/482/874214/antidepresan-bisa-sebabkan-diabetes-tipe-2

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s