Skip to content
Iklan

Infeksi Virus Pada Kehamilan Dapat Meningkatkan Resiko Autisme


Journal of Neuroscience

Journal of Neuroscience (Photo credit: Wikipedia)

Para Ilmuwan dari UC Davis Center Neuroscience dan Departement of Neurology telah melakukan penelitian bahwa mengaktifkan sistem kekebalan tubuh ibu selama kehamilan mengganggu perkembangan sel-sel saraf di otak anaknya dan merusak kemampuan sel untuk mengirimkan sinyal dan berkomunikasi dengan yang lain. Mereka mengatakan bahwa temuan tersebut menunjukkan bagaimana infeksi virus dari seorang ibu hamil dapat meningkatkan risiko memiliki anak dengan gangguan spektrum autisme atau schizophrenia.
Peneliti berkata, “MHCI Membutuhkan MEF2 Faktor turunan untuk mencocokan densitas sinaptik negatif selama perkembangan pada penyakit ini ,” ini diterbitkan dalam the Journal of Neuroscience.
Penulis senior studi tersebut adalah Kimberley McAllister, profesor di Center for Neuroscience dengan persetujuan di departemen Neurologi dan Neurobiologi, Fisiologi dan Behavior, dan dengan para peneliti di Institut UC Davis Mind .
“Ini adalah bukti pertama bahwa neuron di otak berkembang pada keturunan baru lahir yang diubah oleh aktivasi kekebalan tubuh ibu,” kata McAllister. “Sampai saat ini, sangat sedikit yang diketahui tentang bagaimana aktivasi kekebalan tubuh sang ibu menyebabkan gangguan spektrum autisme dan skizofrenia seperti patofisiologi dan perilaku pada keturunannya.”
Penelitian ini dilakukan pada tikus besar dan tikus kecil dan dibandingkan antara otak keturunan tikus yang sistem kekebalan tubuhnya telah diaktifkan dengan hewan-hewan yang sistem kekebalan tubuhnya belum diaktifkan. Anak anjing yang terkena infeksi virus memiliki level otak jauh lebih tinggi dari hewan yang memiliki molekul kekebalan tubuh yang dikenal sebagai molekul – molekul histocompatibility kompleks (MHCI).
“Ini adalah bukti pertama bahwa tingkat MHCI pada permukaan neuron kortikal muda dalam keturunan yang diubah oleh aktivasi kekebalan tubuh ibu,” kata McAllister.
Para peneliti menemukan bahwa tingkat MHCI tinggi yang tinggi mengakibatkan gangguan kemampuan neuron dari otak bayi tikus yang baru lahir untuk membentuk sinapsis, celah kecil memisahkan sel-sel otak di mana sinyal tersebut dikirimkan. Penelitian sebelumnya telah menyarankan bahwa ASD dan skizofrenia dapat disebabkan oleh perubahan dalam perkembangan koneksi di otak, terutama korteks serebral.
Para peneliti mencoba mengurangi tingkat MHCI ke tingkat normal dalam neuron dari keturunan setelah aktivasi imun ibu.
“Hebatnya, densitas sinaptik kembali ke tingkat normal dalam neuron, “kata McAllister.
“Hasil ini menunjukkan bahwa aktivasi kekebalan ibu memang mengubah konektivitas selama perkembangan janin, menyebabkan kekurangan kemampuan neuron kortikal yang besar untuk membentuk sinapsis yang disebabkan oleh perubahan tingkat MHCI pada neuron,” katanya.
MHCI tidak bekerja sendiri untuk membatasi perkembangan sinapsis. Dalam serangkaian percobaan, para peneliti UC Davis memutuskan bahwa MHCI berinteraksi dengan kalsineurin dan miosit penambah faktor-2 (MEF2), sebuah protein yang merupakan penentu penting spesialisasi saraf.
MHCI, kalsineurin dan MEF2 membentuk jalur sinyal biologis yang sebelumnya belum pernah diidentifikasi. Tim McAllister menunjukkan bahwa keturunan dari aktivasi kekebalan ibu, dan sinyal ini jauh lebih aktif daripada itu pada keturunan hewan non-MIA.
Hal ini juga merupakan mekanisme yang dapat membantu McAllister dan ilmuwan lain untuk mengembangkan tes diagnostik dan akhirnya sebagai terapi untuk memperbaiki kehidupan individu dengan gangguan perkembangan saraf ini.

Sumber : http://www.sciencedaily.com

Iklan

1 Komentar »

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s