Inilah Cara Baru Daur Ulang Plastik!

plastic

Teknologi yang baru dikembangkan baru-baru ini telah dipatenkan UA Waste, Pyrolysis and Combustion Research Group memungkinkan penghapusan tinta yang telah dicetak melalui perawatan fisik kimia dan mengambil plastik film bersih, meningkatkan nilai tambah dari produk daur ulang serta menambah pigmen yang diperoleh serta dapat digunakan dalam aplikasi lainnya.

Saat ini, sudah ada sebagian besar proses produksi dimana ada tinta yang dicetak pada plastik film, bahan tersebut ditolak sebab tidak sesuai dengan spesifikasi akhir yang dibutuhkan atau hanya karena mereka datang dari pengaturan awal. Banyak residu yang tida dapat dipulihkan kembali sebab mengandung kadar yang tinggi dalam tinta sehingga tidak memungkinkan untuk didaur ulang kembali. Tingginya kandungan tinta secara signifikan menurunkan viskositas plastik dan ini menjadi masalah pada saat menggunakannya kembali melalui proses ekstrusi material.

Andres Fullan Font yang merupakan dosen departemen UA teknik kimia dan anggota dari kelompok penelitian tersebut menjelaskan bahwa keuntungan yang paling penting untuk menghilangkan tinta adalah meningkatkan rekayasa nilai plastik, mencapai dan mencocokkan kualitas plastik baru antara satu sisi dengan sisi yang lain.

Aspek penting dari teknik tersebut adalah bahwa selama proses tersebut tidak menggunakan pelarut organik yang biasanya digunaakan dalam melakukan penghapusan tinda dan larutan pembersih yang digunakan dalam proses daur ulang sehingga membuatnya lebih menguntungkan secara ekonomi dan lingkungan.

Ia juga menambahkan bahwa oleh karena itu mereka mendapatkan bahan yang berkualitas tinggi untuk didaur ulang dibandingkan dengan yang dapat diterapkan untuk produk cetak yang sudah digunakan pada akhir-akhir ini, atau bahan cetak yang terdiri dari kerugian produksi.

Saat ini masih tidak ada metode industri pembuangan tinta cetak untuk limbah ini dan mereka biasanya mendaur ilang tanp adanya aplikasi lainnya sehingga mengandung nilai tambah yang sangat rendah. Teknologi tersebut juga telah berhasil diuji dalam pilot plant di formulir yang dicetak dengan bahan yang berbeda dari polietilen, polipropilen, polyester, dan poliamida yang telah terbukti efektif untuk kedua tinta berbasis air tersebut. Selain itu, dapat digunakan di berbagai sektor seperti daur ulang plastik, cetak grafis dan kemasan.

Sumber : sciencedaily.com

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.