Inilah Pemanis Buatan yang Lebih Berbahaya dari Aspartam!

ImageJika selama ini sebagian besar orang mengenal Aspartam sebagai pemanis buatan yang berbahaya, kini ada lagi pemanis buatan yang lebih berbahaya dari Aspartam, yaitu Neotame. Neotame disinyalir jauh lebih berbahaya dibandingkan dengan Aspartam, hal itu disebabkan karena dalam proses pembuatan Neotame menggunanakan rekayasa genetika yang berdampak buruk terhadap kesehatan. Memang Aspartam dan Neotame menciptakan tingkat kemanisan beberapa kali lipat lebih tinggi dari pemanis alami yaitu gula. Namun, efek dari Neotame terhadapa tubuh lebih berbahaya daripada Aspartam. Apalagi, dengan beredarnya Neotame di pasaran membuat kita sulit mengenali mana yang Neotame dan mana yang Aspartam.

Seperti yang dikutip dari activistpost.com, Neotame adalah pemanis buatan baru yang diciptakan oleh biotek raksasa Monsanto. Tujuan dari penciptaan Neotame tersebut adalah sebagai pemanis buatan yang akan digunakan dalam beberapa produk makanan dan minuman. Kandungan yang terdapat dalam Neotame memang tidak berbeda jauh dengan aspartam, tapi bahan kimia yang dicampurkan dalam Neotame selama pembuatan lebih beracun daripada aspartam.

Meski demikian, tapi tetap saja Aspartam dan Neotame dapat merusak kesehatan karena Neotame dan Aspartam mengandung formaldemida dan kandungan asam amino yang dikenal dengan exctiotoxic agitates dapat merusak saraf. Perbedaan Neotame dan Aspartam adalah Neotame mengandung bahan kimia yang disebut 3,3-dimethylbutyl, sedangkan Aspartam tidak mengandung bahan kimia tersebut.

Seperti yang dilansir dari holisticmed.com, bahwa ternyata bahan kimia yang disebut 3,3-dimethylbutyl ini termasuk dalam daftar bahan kimia paling berbahaya di Badan Perlindungan Lingkungan Amerika. Dan, lebih buruknya lagi setiap makanan dan minuman yang mengandung Neotame tidak perlu memberikan keterangan bahwa makanan dan minuman tersebut mengandung Neotame. Sehingga kita menjadi sulit mengenali mana makanan dan minuman yang mengandung Neotame dan mana yang tidak, karena nama Neotame tidak tercantum dalam keterangan pembuatan produk makanan tersebut.

Agar dapat menghindari untuk membeli makanan dan minuman yang mengandung Neotame atau zat aditif lainnya, maka Anda lebih baik membeli produk kemasan yang memiliki tanda “Non-GMO” atau “Organic” pada kemasannya. Jika tidak, maka ada kemungkinan produk tersebut mengandung zat aditif atau produk transgenik yang bahan tambahannya menggunakan teknologi rekayasa genetika dan hal itu cukup mengancam kesehatan Anda.

Sumber : holisticmed.com | activistpost.com | vivanews.com

One thought on “Inilah Pemanis Buatan yang Lebih Berbahaya dari Aspartam!

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.