Awas air mineral palsu

Di negara kita ini sangat banyak hal hal dipalsukan, makanan, minuman, aksesoris, peralatan.

Mineral Water
Mineral Water (Photo credit: *Randee)

entah apalagi yang akan dipalsukan oleh para penjahat itu. dengan hukum yang sangat lembek dan longgar seperti ini mereka pun sangat leluasa menipu dan menebar penyakit di sekitarnya

air mineral sebenarnya berasal dari mata air yang telah melalui beberapa tahap pemurnian dan filtrasi agar parameter air minum terpenuhi. Sedangkan air mineral palsu kita tidak tau darimana sumbernya. bisa dari air sumur, air ledeng, air got, dan sumber kotor lainnya. apa bahayanya?

seperti yang kita tau dari artikel sebelumnya tentang kualitas air. banyak yang harus di perhatikan, namun secara simpelnya kita tau bahwa air dari sumber yang berbeda akan mengandung bahaya dengan tingkat yang berbeda pula. misalnya air sumur, air sumur pasti mengandung banyak bakteri dan mikroba, pengotor organik dan logam logam. lalu yang paling berbahaya adalah Air got, karena air got mengandung berbagai bakteri berbahaya, dan logam berat. seperti yang kita tau air got merupakan kumpulan dari berbagai sumber limbah disekitarnya. air got yang kotor dan keruh ini biasanya dijernihkan secara kimia dengan bahan kimia berbahaya secara sembarangan.

Jenis air mineral yang dipalsukan biasanya berupa galon dan air botolan. merek terkenal pun tak menjamin keaslian karena parapenipu ini dapat memalsukan dengan sangat baik bermodalkan galon/botol bekas sampai segel dri tukang plastik nakal.

cara membedakannya :

  1. untuk botol, periksa Botol apakah ada lecet atau baret. karena jika ada cacat maka kemungkinan itu botol bekas yang didapat dari pemulung.
  2. lihat isinya, apakah ada endapan yang melayang atau terlihat secara langsung. karena air mineral asli telah dimurnikan dengan peralatan canggih sehingga tak ada lagi padatan yang terlihat.
  3. Lihat kemasan desainnya, apakah benar benar sama dengan yang asli atau tidak

Pencegahan:

  1. untuk keamanan, belilah di tempat terpercaya seperti minimarket atau supermarket.
  2. Jika sudah dipakai, pelintir botol agar rusak sehingga tidak bisa dipakai lagi sebelum di daur ulang.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.