Kesehatan

Bahaya Radiasi Handphone/HP bagi Tubuh

Advertisements

Perkembangan teknologi seperti handphone memang mempermudah kita menjalani kegiatan sehari-hari. Handphone memiliki peran multifungsi untuk mempermudah komunikasi dan pekerjaan. Namun di sisi lain, ada kekhawatiran mengenaibahaya radiasi handphone pada kesehatan.

Tahukah kamu, bahwa bahaya radiasi HP bagi tubuh manusia sangat besar, jika tidak gunakan dengan cara yang tepat. Terlebih HP atau handphone sudah menjadi gaya hidup masyarakat saat ini, dan sulit untuk terlepas dari benda kecil tersebut. Pasalnya, kini semua kegiatan sudah bisa dengan mudah dilakukan lewat HP. Bahkan, ketika hendak tidur pun tidak sedikit orang yang masih menggenggamnya. Padahal, ketika tidur dengan Hp masing tergenggam, maka bahaya radiasi HP lebih mudah untuk masuk ke dalam tubuh. Radiasi gelombang radio yang diterima dan dikirimkan oleh handphone dapat menyebar ke segala arah, termasuk tubuh. Jenis Radiasi handphone tidak sama dengan radiasi jenis lain, seperti sinar X dalam foto Rontgen dan CT scan, yang sudah dipastikan berbahaya jika terpapar terlalu sering. Radiasi handphone belum diketahui secara pasti efeknya pada kesehatan. Namun terdapat beberapa kemungkinan pengaruh radiasi handphone pada tubuh.

Mengapa Radiasi HP Bahaya bagi Manusia?

Handphone atau Hp, memiliki dan memancarkan frekuensi radio dan gelombang radio (radio frecuency-RF). Nah, pancaran frekuensi tersebutlah yang bisa menimbulkan gangguan kesehatan.Tidak hanya pada orang dewasa, gelombang frekuensi tersebut bahkan juga sangat berbahaya pada anak-anak. Terlebih, tulang tengkorak anak cenderung lebih tipis, sehingga bahaya radiasi HP lebih mudah masuk.Tidak hanya itu, bahaya dari radiasi HP pada anak juga lebih berbahaya karena, anak-anak masih dalam proses pertumbuhan. Sehingga, sangat memungkinkan terkena dampak jangka panjang.

(Baca juga Bahaya Radiasi Ponsel)

BACA JUGA  Tanin (3)

Berikut bahaya dari radiasi HP bagi tubuh :

  • Menghilangkan Konsentrasi
Bahaya Radiasi Handphone

Bahaya radiasi Handphone dapat menghilangan kosentrasi. Handphone akan memancarkan cahaya dan gelombang radiasi yang sangat mudah masuk ke dalam tubuh manusia terutama bagian kepala. Bahkan, radiasi Handphone yang mengeluarkan elektromagnetik bisa berdampak buruk pada otak. Sehingga, ketika otak tegang konsentrasi menjadi menurun.

  • Gangguan Tidur
Bahaya Radiasi Handphone

Radiasi Handphone bisa menyebabkan saraf-saraf yang ada dikepala, otak, dan wajah menjada tegang, hingga aliran darah tak tersalurkan dengan baik. Dengan begitu tubuh akan mudah merasa lelah, gelisah hingga merasakan gangguan tidur sehingga dapat menyebabkan insomnia dan penyakit lainnya.

  • Menyebabkan sakit kepala
Bahaya Radiasi Handphone

Bahaya radiasi Handphone yang paling umum dirasakan adalah bisa menyebabkan sakit kepala hingga migrain. Hal ini terjadi diakibatkan karena terlalu dekat menggunkan dan meletakkan HP dengan kepala. Pasalnya, ketika Hp terlalu dekat dengan kepala maka energi negatif RF akan terkumpul dan dengan mudahnya masuk ke otak.

  • Memicu Penyakit Mata/Katarak
Bahaya Radiasi Handphone

Bahaya radiasi Handphone juga dapat dipancarkan melalui layar. Sehingga ketika kamu melihat layar Handphone terlalu lama maka akan merusak jaringan mata. Jika jaringan mata terkena radiasi Handphone akan memicu penyakit katarak. Ciri-ciri penyakit katarak adalah adanya selaput putih yang menyelimuti kornea mata, sehingga penglihatan menjadi terganggu dan terpaksa harus dilakukan operasi.

  • Memicu Kerusakan Otak
Bahaya Radiasi Handphone

Tidak hanya menghilangkan konsentrasi, radiasi HP juga dapat memicu kerusakan otak jika diletakkan didekat kepala saat tidur atau menelpon.

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.