Skip to content
Iklan

Ini yang terjadi pada tubuh setelah berhenti merokok!


Ini yang terjadi pada tubuh setelah berhenti merokok!

Image

selama apapun Anda telah menjadi perokok, tubuh Anda bisa kembali bugar dan membersihkan diri dari zat kimia beracun yang didapatkan dari merokok.

Yang kedua, setelah berhenti merokok, tubuh Anda akan merasakan banyak manfaat. Penasaran dengan apa yang terjadi dengan tubuh sejak Anda mulai berhenti merokok? Ini dia, seperti dilansir oleh Daily health Post (28/01).

20 Menit setelah berhenti merokok
Berdasarkan bukunya Hypertension, Mahmud A dan Feely J. mengungkap bahwa berhenti merokok akan mempengaruhi arteri dan tekanan detak jantung. Dalam waktu 20 menit setelah berhenti merokok, detak jantung dan tekanan darah Anda akan langsung menurun.

12 Jam setelah berhenti merokok
Berdasarkan data dari US Surgeon General Report pada tahun 1988, diketahui bahwa setelah 12 jam berhenti merokok, tingkat karbon monoksida pada darah akan menurun.

Dua minggu hingga 3 bulan setelah berhenti merokok
Menurut US Surgeon General’s Report pada tahun 1990, sirkulasi dan fungsi paru-paru akan mulai membaik setelah berhenti merokok selama dua minggu hingga 3 bulan.

Satu sampai 9 bulan setelah berhenti merokok
Dalam jangka waktu satu sampai sembilan bulan setelah berhenti merokok, batuk dan napas yang semakin pendek akan berkurang. Cilia (rambut halus pada saluran pernapasan yang menggerakkan lendir keluar dari paru-paru) akan mulai berfungsi dengan normal dan semakin efektif untuk menghilangkan lendir serta membersihkan paru-paru. Hal ini juga menurunkan risiko terjadinya infeksi.

Satu tahun setelah berhenti merokok
Setelah berhenti merokok selama satu tahun, risiko terkena penyakit jantung koroner akan berkurang. Hal ini ditemukan peneliti dan diterbitkan dalam US Surgeon General’s Report pada tahun 2010.

Lima tahun setelah berhenti merokok
Jika berhasil berhenti merokok selama lima tahun, risiko terkena kanker mulut, kanker tenggorokan, laring, dan kandung kemih akan berkurang hingga 50 persen. Risiko terkena kanker serviks juga akan berkurang dan hampir menyamai risiko orang yang tak pernah merokok. Risiko terkena stroke juga menurun drastis dalam jangka waktu dua sampai lima tahun setelah berhenti merokok.

10 Tahun setelah berhenti merokok
Setelah 10 tahun, risiko meninggal akibat kanker paru-paru akan menurun hingga 50 persen dibandingkan dengan orang yang masih merokok. Begitu juga dengan kanker laring yang menyerang kotak suara dan penyakit pankreas.

15 Tahun setelah berhenti merokok
Berdasarkan Tobacco Control: Reversal of Risk After Quitting Smoking. IARC Handbooks of Cancer Prevention tahun 2007, setelah tak merokok selama 15 tahun, risiko terkena penyakit jantung koroner akan menurun drastis dan hampir sama dengan orang yang tak pernah merokok

———————————————————————————————————————————————————————–

Menghentikan kebiasaan merokok memang sulit. Bahkan Anda akan mengalami beberapa hal yang tak menyenangkan seperti mual, diare, mulas, pusing, insomnia, atau mati rasa ketika pertama kali berhenti merokok. Ini wajar sebagai reaksi tubuh setelah lama merokok.

Namun masa-masa tersebut biasanya hanya berlangsung selama dua minggu hingga satu bulan. Anda tak boleh menyerah, karena jika berhasil berhenti merokok Anda akan mendapatkan banyak manfaat di atas.

Sumber :

Merdeka.com

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s