Skip to content
Iklan

Bagaimana Mengenali Alergi?


​Kalian pernah alergi pada sesuatu?makanan misalnya. Apa yang kalian rasakan?

Sebenarnya apa sih alergi itu?

Alergi atau hipersensitivitas adalah bentuk reaksi sistem kekebalan tubuh terhadap sesuatu yang dianggap berbahaya. Sesuatu yang merupakan pemicu dari alergi itu sendiri disebut dengan alergen. 

Apa saja yang biasanya menyebabkan alergi?

Beberapa macam alergi yang sering kita jumpai salah satunya yaitu alergi susu sapi, alergi debu, alergi udara dingin, alergi obat-obatan dan juga alergi makanan salah satunya seafood. Ada beberapa gejala yang muncul saat alergi yaitu, bersin-bersin, gatal-gatal, sesak napas, ruam pada kulit, batuk, merah pada mata dan juga terjadi pembengkakan pada bagian tubuh.

Berdasarkan zat pemicu dan jangka waktu munculnya gejala, alergi makanan terbagi menjadi tiga jenis, yaitu immunoglobulin E, non-immunoglobulin E, dan gabungan keduanya.

Immunoglobulin E merupakan salah satu zat antibodi yang ada di dalam sistem kekebalan tubuh kita. Alergi makanan yang dipicu oleh produksi zat ini merupakan jenis alergi makanan yang paling umum terjadi dan gejalanya biasa akan muncul tidak lama setelah penderita makan.

Sedangkan untuk alergi makan yang dipicu oleh zat-zat antibodi selain immunoglobulinE, rentang waktu munculnya gejala akan membutuhkan waktu yang lebih lama atau biasanya berjam-jam setelah penderita makan.

Jenis alergi makanan yang terakhir adalah kombinasi dari immunoglobulin E dan non-immunoglobulin E. Orang yang menderita kondisi ini akan merasakan gejala-gejala dari kedua jenis alergi makanan tersebut.

Bagaimana mengenali alergi?

Mengenali alergi dapat dengan cara mengamati selain rentang waktu munculnya gejala setelah terpapar makanan, tingkat keparahan, dan lama gejala muncul. Cara lain dapat dengan melakukan pemeriksaan di laboratorium. Selain uji kadar antibodi dalam laboratorium, jenis pemeriksaan lainnya yang bisa dilakukan adalah tes tusuk kulit. Di dalam tes ini, dokter akan menaruh zat alergen dari ekstrak suatu makanan yang diduga menyebabkan alergi (alergen).

Bagaimana mengatasi alergi?

Ada banyak cara, sesuai dengan penyebabnya. Misalnya alergi udang. Perlakuan apa saja yang perlu dilakukan?

Salah satu cara mengatasi alergi udang  adalah dengan  mengonsumsi makanan yang mengadung vitamin E. Seperti yang kalian ketahui, vitamin E merupakan salah satu vitamin yang memiliki sifat antialergen. Sehingga makanan yang mengandung vitamin E dapat membantu Anda untuk mengatasi dan juga mencegah alergi. Sumber makanan terbaik yang mengandung vitamin E adalah bayam, minyak nabati, kacang almond, biji-bijian, kacang hazelnut, pepaya, alpukat, brokoli, gandum, paprika merah, mangga, kiwi, cabai merah dan juga tomat.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: