Skip to content
Iklan

Virus dan Penyakit


Penyakit manusia yang disebabkan oleh virus termasuk flu biasa , flu , cacar dan luka dingin . Penyakit serius seperti Ebola dan AIDS juga disebabkan oleh virus. Banyak virus menyebabkan sedikit atau tidak ada penyakit dan dikatakan “jinak”. Virus lebih berbahaya digambarkan sebagai virulen .

Virus menyebabkan penyakit yang berbeda tergantung pada jenis sel yang mereka menginfeksi. Beberapa virus dapat menyebabkan seumur hidup atau kronis infeksi di mana virus terus mereproduksi dalam tubuh meskipun mekanisme pertahanan tuan rumah. Hal ini biasa terjadi di virus hepatitis B dan virus hepatitis C infeksi. Orang kronis terinfeksi virus yang dikenal sebagai pembawa. Mereka melayani waduk penting dari virus. Jika ada proporsi yang tinggi dari operator dalam populasi tertentu, penyakit dikatakan endemik .

Ada banyak cara di mana virus menyebar dari host ke host tetapi masing-masing spesies virus hanya menggunakan satu atau dua. Banyak virus yang menginfeksi tanaman yang dibawa oleh organisme ; organisme tersebut disebut vektor . Beberapa virus yang menginfeksi hewan, termasuk manusia, juga disebarkan oleh vektor, biasanya serangga penghisap darah. Namun, transmisi langsung lebih umum. Beberapa infeksi virus, seperti norovirus dan rotavirus , yang disebarkan oleh makanan dan air yang terkontaminasi, tangan dan komunal benda dan melalui kontak intim dengan orang lain yang terinfeksi,  sementara yang lain berada di udara (virus influenza).  Virus seperti HIV , hepatitis B dan hepatitis C sering ditularkan melalui hubungan seks tanpa kondom  atau terkontaminasi jarum suntik .  Hal ini penting untuk mengetahui bagaimana setiap jenis yang berbeda dari virus menyebar untuk mencegah infeksi dan epidemi.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: