Bagaimana Cara Membuat Larutan Homogen?


​Tahukah kalian bahwa homogenitas larutan merupakan hal penting dalam pemeriksaan sample di laboratorium. 

Apa ya homogenitas itu?

Homogenitas dalam kaitannya dengan larutan yaitu tercampurnya dengan sempurna suatu larutan sehingga memiliki kandungan zat yang seragam baik kadar zat maupun warna dalam bentuk fisik.

Ada beberapa instrumen kimia di labratorium yang berfungsi menghomogenkan larutan uji.

Apa saja ya?

1.Sonicated deangan prinsip sonikasi

Sonikasi adalah suatu teknologi yang memanfaatkan gelombang ultrasonik. Ultrasonik adalah suara atau getaran dengan frekuensi yang terlalu tinggi untuk bisa didengar oleh manusia, yaitu kira-kira di atas 20 kHz. Gelombang ultrasonik dapat merambat dalam medium padat, cair, dan gas. Proses sonikasi ini mengubah sinyal listrik menjadi getaran fisik yang dapat diarahkan untuk suatu bahan dengan menggunakan alat yang bernama sonikator. Sonikasi ini biasanya dilakukan untuk memecah senyawa atau sel untuk pemeriksaan lebih lanjut. Getaran ini memiliki efek yang sangat kuat pada larutan, menyebabkan pecahnya molekul dan putusnya sel. 

Bagian utama dari perangkat sonikasi adalah generator listrik ultrasonik. Perangkat ini membuat sinyal (biasanya sekitar 20 kHz) yang berkekuatan ke transduser. Transduser ini mengubah sinyal listrik dengan menggunakan kristal piezoelektrik, atau kristal yang merespon langsung ke listrik dengan menciptakan getaran mekanis dan kemudian dikeluarkan melewati probe. Probe sonikasi mengirimkan getaran ke larutan yang disonikasi. Probe ini akan bergerak seiring dengan getaran dan mentransmisikan ke dalam larutan. Probe bergerak naik dan turun pada tingkat kecepatan yang tinggi, meskipun amplitudo dapat dikontrol dan dipilih berdasarkan kualitas larutan yang disonikasi. Gerakan cepat probe menimbulkan efek yang disebut kavitasi. 

2.Shaker

Shaker adalah alat yang digunakan untuk mengaduk atau mencampur suatu larutan dengan larutan yang lain sehingga bersifat homogen dengan gerakan satu arah. 

Prinsip kerja shaker adalah motor berputar untuk menggerakkan tuas, dan tuas tersebut dihubungkan dengan poros yang terhubung dengan sebuah plat. Ketika motor berputar, secara otomatis mekanik shaker  bisa langsung menggerakkan plat tersebut dengan gerakan jungkat-jungkit.

3.Magnetic Stirrer

Pengaduk magnetik atau Magnetic stirrers adalah perangkat laboratorium yang menggunakan putaran medan magnet untuk memutar stir bars (juga disebut “flea”) yang direndam dalam cairan juga berputar sehingga dapat mengaduk cairan.

Sebuah pengaduk magnetik atau mixer magnetik adalah perangkat laboratorium yang menggunakan medan magnet berputar untuk menyebabkan batang pengaduk direndam dalam cairan berputar sangat cepat, sehingga tercampur. 

4.Vortex Mixer

Vortex mixer adalah perangkat sederhana yang umum di gunakan di laboratorium untuk mencampur cairan dalam wadah kecil. Alat ini terdiri dari sebuah motor listrik dengan drive shaft yang berorienasi vertikal dan melekat pada sepotong karet yang dipasang sedikit keluar dari pusat.

Sebagai alat yang berjalan, potongan karet berisolasi cepat dengan gerakan melingkar. Ketika tabung reaksi atau wadah lain yang sesuai ditekan ke dalam gelas karet (atau menyentuh ke tepi) gerak ditransmisikan ke cairan di dalam dan pusaran yang dibuat. Kebanyakan mixer vortex memiliki pengaturan kecepatan variabel dan dapat diatur untuk terus berjalan, atau berjalan hanya ortex mixer sudah biasa digunakan di laboratorium ilmu hayati. Dalam kultur sel dan laboratorium mikrobiologi vortex mixer dapat digunakan untuk menyingkirkan sel. Dalam laboratorium biokimia atau analitis, alat ini dapat digunakan untuk mencampur sampel eksperimental dan pencairan tekanan diterapkan ke bagian karet.

Vortex mixer sudah biasa digunakan di laboratorium ilmu hayati. Dalam kultur sel dan laboratorium mikrobiologi vortex mixer dapat digunakan untuk menyingkirkan sel. Dalam laboratorium biokimia atau analitis, alat ini dapat digunakan untuk mencampur sampel eksperimental dan pencairan.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s