Massa Atom Relatif (Ar) dan Massa Molekul Relatif (Mr)


​Bila kalian melihat sistem periodik unsur, kalian dapat dengan mudah menemukan massa relatif suatu atom (Ar). Coba lihat berapakah massa atom relatif besi (Fe)! Tahukah kalian apa itu massa relatif atom dan bagaimana cara mendapatkannya angka-angka tersebut?

 Mengukur massa adalah membandingkan massa suatu benda terhadap benda yang lain, dimana massa benda pembanding disebut sebagai massa standar. Misalnya apabila kita menimbang gula dan dinyatakan massanya 1 kg, maka sebenarnya massa gula tersebut sebanding dengan massa anak timbangan 1 kg. Sebagai standar massa dalam penimbangan gula tersebut adalah massa anak timbanagan.

Hal yang sama juga berlaku dalam penentuan massa suatu atom. Di dalam menentukan massa atom, sebagai standar massa atom adalah massa 1atom karbon-12 (atom karbon yang massanya 12 sma). Jadi massa atom yang diperoleh dari pengukuran adalah massa atom relatif terhadap atom karbon-12. Dari pengukuran diketahui bahwa massa atom hidrogen ternyata 0,08400 kali relatif terhadap masaa atom C-12. Jika dihitung akan didapat bahwa massa atom hidrogen adalah 0,08400×12 sma atau 1,008 sma. Massa atom relatif diberi lambang Ar yaitu perbandingan massa rata-rata 1 atom terhadap 1/12 massa atom C-12 atau secara matematis dirumuskan sebagai:

Ar X = (massa rata-rata 1 atom X)/(1/12× massa 1 atom C-12)

dengan:

Ar X = massa atom relatif X

Massa 1 atom C-12= 12 sma

Massa rata-rata atom X merupakan massa rata-rata dari semua isotop X yang ada di alam. Massa atom relatif tidak mempunyai satuan.
Bagaimana dengan Massa Molekul Relatif?

Molekul merupakan gabungan dari dua atom atau lebih. Oleh karena itu, massa molekul ditentukan oleh massa-massa atom penyusunnya, yaitu merupakan jumlah dari massa seluruh atom yang menyusun molekul tersebut. 

Seperti halnya massa atom relatif, maka massa molekul juga merupakan perbandingan massa rata-rata 1 molekul atau satuan rumus suatu zat relatif dibandingkan terhadap 1/12 kali massa 1 atom C-12 atau dirumuskan:

Mr AxBy = (massa rata-rata 1 molekul AxBy)/(1/12× massa 1 atom C-12)

= massa rata-rata (x atom A+y atom B/(1/12× massa 1 atom C-12)

Sehingga dapat disederhanakan menjadi:

Mr AxBy=(x Ar A + y Ar B)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s