Sianida, apakah itu?


sianida adalah setiap senyawa kimia yang mengandung monovalen menggabungkan kelompok CN. Kelompok ini, yang dikenal sebagai kelompok siano, terdiri dari karbon atom triple-terikat ke nitrogen atom.

Dalam sianida anorganik, seperti natrium sianida dan potassium sianida kelompok ini hadir sebagai bermuatan negatif poliatomik ion sianida (CN -); senyawa ini, yang dianggap sebagai garam dari asam hidrosianat , sangat beracun. Ion sianida adalah isoelektronik dengan karbon monoksida dan dengan molekul nitrogen .

Sianida organik biasanya disebut nitril ; di ini, kelompok CN dihubungkan oleh ikatan kovalen untuk kelompok yang mengandung karbon, seperti metil (CH 3) di metil sianida ( asetonitril ). Karena mereka tidak melepaskan ion sianida, nitril umumnya kurang beracun, atau dalam kasus polimer tidak larut seperti serat akrilik , pada dasarnya tidak beracun kecuali dibakar.

Asam hidrosianat, juga dikenal sebagai hidrogen sianida, atau HCN, adalah cairan yang sangat volatile digunakan untuk mempersiapkan akrilonitril , yang digunakan dalam produksi serat akrilik , karet sintetis , dan plastik . Sianida bekerja di sejumlah proses kimia, termasuk fumigasi , kasus pengerasan besi dan baja , electroplating , dan konsentrasi bijih . Di alam, zat menghasilkan sianida yang hadir dalam biji tertentu, seperti lubang dari ceri dan biji apel.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s