Posted on 1 Comment

Sianida, apakah itu?

sianida adalah setiap senyawa kimia yang mengandung monovalen menggabungkan kelompok CN. Kelompok ini, yang dikenal sebagai kelompok siano, terdiri dari karbon atom triple-terikat ke nitrogen atom.

Dalam sianida anorganik, seperti natrium sianida dan potassium sianida kelompok ini hadir sebagai bermuatan negatif poliatomik ion sianida (CN -); senyawa ini, yang dianggap sebagai garam dari asam hidrosianat , sangat beracun. Ion sianida adalah isoelektronik dengan karbon monoksida dan dengan molekul nitrogen .

Sianida organik biasanya disebut nitril ; di ini, kelompok CN dihubungkan oleh ikatan kovalen untuk kelompok yang mengandung karbon, seperti metil (CH 3) di metil sianida ( asetonitril ). Karena mereka tidak melepaskan ion sianida, nitril umumnya kurang beracun, atau dalam kasus polimer tidak larut seperti serat akrilik , pada dasarnya tidak beracun kecuali dibakar.

Asam hidrosianat, juga dikenal sebagai hidrogen sianida, atau HCN, adalah cairan yang sangat volatile digunakan untuk mempersiapkan akrilonitril , yang digunakan dalam produksi serat akrilik , karet sintetis , dan plastik . Sianida bekerja di sejumlah proses kimia, termasuk fumigasi , kasus pengerasan besi dan baja , electroplating , dan konsentrasi bijih . Di alam, zat menghasilkan sianida yang hadir dalam biji tertentu, seperti lubang dari ceri dan biji apel.

1 thought on “Sianida, apakah itu?

  1. […] a. Sifat racun bagi manusia, yang dapat menyebabkan keracunan atau sakit yang cukup serius apabila masuk ke dalam tubuh melalui pernafasan, kulit atau mulut. Penentuan tingkat sifat racun ini didasarkan atas uji LD50 (amat sangat beracun, sangat beracun dan beracun); dan/atau b. Sifat bahaya toksisitas akut. (baca juga¬†Sianida, apakah itu?¬†) […]

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.