Skip to content
Iklan

Bagaimana Cara Membuat Larutan Iodium?


​Larutan iodium  merupakan oksidator. Apa itu oksidator?

Istilah oksidasi mengacu pada setiap perubahan kimia dimana terjadi kenaikan bilangan oksidasi, sedangkan reduksi digunakan untuk setiap penurunan bilangan oksidasi.Berarti proses oksidasi disertai hilangnya elektron sedangkan  reduksi memperoleh elektron. Oksidator adalah senyawa di mana atom yang terkandung mengalami penurunan bilangan oksidasi. Sebaliknya pada reduktor, atom yang terkandung mengalami kenaikan bilangan oksidasi. Oksidasi-reduksi harus selalu berlangsung bersama dan saling menkompensasi satu sama lain. Istilah oksidator reduktor mengacu kepada suatu senyawa, tidak kepada atomnya saja.
Larutan Iodium biasa dikenal dengan larutan obat luka. Namun dalam materi Kimia Analisa Kuantitatif lain, yang memang Iodium mempunyai Rumus I2, tapi jika hanya dilarutkan dengan air zat ini akan susah larut atau sukar larut. Jika pun larut, itu membutuhkan waktu yang relatif lama. Biasanya pembuatan larutan Iodium sering ditambahkan zat pembantu yaitu KI ( Kalium Iodida ). Jadi larutan ini akhirnya mempunyai rumus senyawa KI3.

Dalam proses analitik, iodium digunakan sebagai pereaksi oksidasi (iodimetri). Iodimetri merupakan titrasi langsung dan merupakan metoda penentuan atau penetapan kuantitatif yang pada dasar penentuannya adalah jumlah I2 yang bereaksi dengan sample atau terbentuk dari hasil reaksi antara sample dengan ion iodida . Iodimetri adalah titrasi redoks dengan I2 sebagai penitar.
Titrasi iodimetri merupakan titrasi langsung terhadap zat – zat yang potensial oksidasinya lebih rendah dari sistem iodium – iodida, sehingga zat tersebut akan teroksidasi oleh iodium. Cara melakukan analisis dengan menggunakan senyawa pereduksi iodium yaitu secara langsung disebut iodimetri, dimana digunakan larutan iodium untuk mengoksidasi reduktor-reduktor yang dapat dioksidasi secara kuantitatif pada titik ekivalennya.

Bagaimana cara membuat larutan iodium bila kita ketahui iodium tidak larut dengan air?

Berikut ini cara pembuatannya :

  • Timbang dengan seksama sebanyak 12,90 gram Iodium ( I2 ) + 18,00 gram Kalium Iodida ( KI ) lalu larutkan dengan 200 ml air. Setelah semua Iodium larut, encerkan larutan dengan air tersebut menjadi 1000 ml larutan.
Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: