Skip to content
Iklan

Mengapa Harus Sarapan Sebelum Jam 9?


​Sebagian dari kita mengabaikan sarapan dengan sarapan di waktu yang telat atau bahkan tidak sarapan sama sekali. Ini berlaku pada anak dan dewasa. Bagaimana dengan kalian?

Jam berapa kalian sarapan?

Pentingkah sarapan? 

Beberapa tahun ini sarapan sebelum jam 9 sedang di gencarkan, karena mengingat prevalensi anemia defisiensi besi anak2 sekitar 40-45% yg umum karena kurangnya ibu yg sedang bekerja ataupun tidak bekerja jarang menyiapkan sarapan pagi yang sehat. Prevalensi tertinggi ditemukan pada akhir masa bayi dan awal masa kanak-kanak diantaranya karena terdapat defisiensi besi saat kehamilan dan percepatan tumbuh masa kanak-kanak yang disertai rendahnya asupan besi dari makanan.

Kenapa sih kok sebelum jam 9 harus sarapan? Karena selama satu atau dua jam setelah kita bangun tidur, terjadi penurunan kadar gula darah dan zat gizi di otak. Bila sebelumnya kita mengenal dengan istilah sarapan pagi, Nah saat ini lebih di sosialisasikan sarapan sebelum jam 9.
Bagaimana dengan menu sarapannya? Harus 4 sehat 5 sempurnakah?

Wah, kalau kalian masih berarti tidak up to date.Sekarang istilahnya telah berubah menjadi “makanan gizi seimbang”.

Apa saja komposisinya?

Gambarannya  seperti ini : piring makan untuk memenuhi gizi seimbang, sebagai berikut :

‌½ dari piring makan terdiri dari sayur dan buah-buahan. Maksimalkan dengan konsumsi dari beragam jenis dan warna. (agar dpat bervariasi dan menambah selera makan )

‌ ¼ dari piring diisi dengan protein. dapat memilih ikan, ayam atau kacang-kacangan. Batasi daging olahan seperti sosis (karena pasti terdapat bahan pengawet ). 

‌¼ dari piring makan dipenuhi dengan biji-bijian utuh dari beras, gandum . Kandungan gula dari roti atau beras berwarna putih tergolong tinggi, sebaiknya berhati-hati untuk yang memiliki masalah dengan gula darah.

‌Konsumsi air putih, teh, atau kopi. Batasi susu dan produk turunannya, hanya sekitar 1-2 kali per hari, jus sekitar satu gelas per hari dan hindari minuman dengan kandungan gula tinggi.

Sudah mengetahui kan pentingnya sarapan?

Yuk sarapan sebelum jam 9 pagi.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: