Sabun.. ada yang jarang mandi?

Dalam kimia , sabun adalah garam dari asam lemak . Rumah Tangga menggunakan untuk sabun termasuk mencuci , mandi , dan jenis-jenis rumah tangga , di mana sabun bertindak sebagai surfaktan , pengemulsi minyak untuk memungkinkan mereka untuk terbawa oleh air. Dalam industri mereka juga digunakan dalam berputar tekstil dan merupakan komponen penting dari beberapa pelumas.

Sabun untuk membersihkan diperoleh dengan memperlakukan nabati atau hewani minyak dan lemak dengan kuat dasar , seperti natrium hidroksida atau kalium hidroksida dalam air solusi. Lemak dan minyak terdiri dari trigliserida ; tiga molekul asam lemak menempel satu molekul dari gliserol . Larutan alkali, yang sering disebut alkali (meskipun istilah “alkali sabun” mengacu hampir secara eksklusif untuk sabun dibuat dengan natrium hidroksida ), membawa tentang reaksi kimia yang diketahui sebagai saponifikasi .

Dalam reaksi ini, lemak trigliserida pertama menghidrolisis menjadi asam lemak bebas, dan kemudian ini menggabungkan dengan alkali untuk membentuk sabun mentah: campuran dari berbagai garam sabun, kelebihan lemak atau alkali, air, dan dibebaskan gliserol (gliserin). Gliserin, berguna oleh-produk, bisa tetap dalam produk sabun sebagai agen pelunakan, atau diisolasi untuk keperluan lainnya.

Sabun merupakan komponen kunci dari yang paling gemuk pelumas, yang biasanya emulsi dari kalsium sabun atau lithium sabun dan minyak mineral. Ini kalsium dan lithium berbasis gemuk yang banyak digunakan. Banyak sabun logam lainnya juga bermanfaat, termasuk aluminium, sodium, dan campuran dari mereka. sabun tersebut juga digunakan sebagai pengental untuk meningkatkan viskositas minyak. Pada zaman kuno, gemuk pelumas yang dibuat dengan penambahan kapur untuk minyak zaitun .

5 thoughts on “Sabun.. ada yang jarang mandi?

  1. sabun merupakan hasil reaksi saponifikasi dari minyak, alkali dan air.
    semua jenis minyak bisa digunakan untuk membuat sabun, termasuk minyak jelantah.
    Minyak jelantah mengandung senyawa-senyawa bersifat karsinogenik, yang terjadi selama proses penggorengan.
    Jadi jelas bahwa pemakaian minyak jelantah yang berkelanjutan dapat merusak kesehatan manusia, menimbulkan kanker dan mencemari lingkungan.
    Berikut ini app membuat minyak jelantah menjadi sabun batang beserta cara kerja dan kalkulator untuk membuat formulanya.
    https://play.google.com/store/apps/details?id=appinventor.ai_isa220876.SabunMinyakJelantah

        1. kalau sempat nanti saya buatkan artikelnya sekalian untuk di promosikan. saya lihat bagus juga ini manfaatnya

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.