Ada apa dengan Tinta?


Tinta adalah cairan atau pasta yang berisi pigmen atau pewarna dan digunakan untuk mewarnai permukaan untuk menghasilkan gambar , teks , atau desain . Tinta digunakan untuk menggambar atau menulis dengan pena , kuas , atau pena . Tinta tebal, dalam bentuk pasta, digunakan secara ekstensif dalam letterpress dan litograf cetak .

Tinta dapat menjadi media yang kompleks, terdiri dari pelarut , pigmen, pewarna, resin , pelumas , pelarut , surfaktan , partikulat , lampu fluorescent , dan bahan lainnya. Komponen tinta melayani berbagai tujuan; pembawa tinta ini, pewarna, dan aditif lainnya mempengaruhi aliran dan ketebalan tinta dan penampilan saat kering.

JENIS

formula tinta bervariasi, tetapi umumnya melibatkan dua komponen:

  • pewarna
  • Kendaraan (pengikat)

Tinta umumnya jatuh ke dalam empat kelas:

  • Encer
  • Cair
  • Pasta
  • Bubuk

Pewarna

Tinta pigmen yang digunakan lebih sering daripada pewarna karena mereka lebih warna-cepat, tetapi mereka juga lebih mahal, kurang konsisten dalam warna, dan memiliki kurang dari berbagai warna dari pewarna.

Pigmen

Artikel utama: Pigment

Pigmen yang padat, partikel buram ditangguhkan dalam tinta untuk memberikan warna.  molekul pigmen biasanya link bersama dalam kristal struktur yang 0,1-2 m dalam ukuran dan terdiri 5-30 persen dari volume tinta. Kualitas seperti hue , saturasi , dan ringan bervariasi tergantung pada sumber dan jenis pigmen.

Pewarna

tinta berbasis dye umumnya jauh lebih kuat daripada tinta berbasis pigmen dan dapat menghasilkan lebih banyak warna kepadatan diberikan per unit massa. Namun, karena pewarna dilarutkan dalam fase cair, mereka memiliki kecenderungan untuk meresap ke dalam kertas, membuat tinta kurang efisien dan berpotensi memungkinkan tinta berdarah di tepi gambar.

Untuk mengatasi masalah ini, tinta berbasis dye yang dibuat dengan pelarut yang cepat kering atau digunakan dengan metode cepat kering pencetakan, seperti meniup udara panas di cetak segar. Metode lain termasuk kertas lebih keras sizing dan coating kertas yang lebih khusus. Yang terakhir ini sangat cocok untuk tinta yang digunakan dalam pengaturan non-industri (yang harus sesuai dengan toksisitas dan emisi lebih ketat kontrol), seperti printer inkjet tinta. Teknik lain melibatkan lapisan kertas dengan lapisan bermuatan. Jika dye memiliki muatan yang berlawanan, itu tertarik dan ditahan oleh lapisan ini, sementara pelarut membasahi ke dalam kertas. Selulosa , bahan kayu yang diturunkan paling kertas terbuat dari apa, secara alami dibebankan, dan senyawa yang kompleks dengan baik pewarna dan kertas retensi bantu permukaan di permukaan. Senyawa tersebut umumnya digunakan dalam tinta cetak ink-jet.

Keuntungan tambahan dari sistem tinta berbasis dye adalah bahwa pewarna molekul dapat berinteraksi dengan bahan-bahan tinta lainnya, berpotensi memungkinkan manfaat yang lebih besar dibandingkan dengan tinta berpigmen dari brighteners optik dan agen warna-meningkatkan dirancang untuk meningkatkan intensitas dan penampilan pewarna.

Sebuah pembangunan yang lebih baru dalam tinta berbasis dye adalah zat warna yang bereaksi dengan selulosa secara permanen warna kertas. Tinta seperti tidak terpengaruh oleh air, alkohol, dan pelarut lainnya. Dengan demikian, penggunaannya dianjurkan untuk mencegah penipuan yang melibatkan tanda tangan menghapus, seperti cek cuci . Semacam ini tinta ini paling sering ditemukan dalam tinta gel dan di tertentu tinta pena.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s