Skip to content
Iklan

Siapa sih kafein itu?


Masih ingat dong dengan postingan ada yang suka ngopi? nah ternyata disana ada kandungan kafein, ada yang tahu siapa sih kafein itu?

Kafein adalah sistem saraf pusat (SSP) stimulan dari methylxanthine kelas . Hal ini paling banyak dikonsumsi di dunia obat psikoaktif . Tidak seperti banyak zat psikoaktif lainnya, itu legal dan tidak diatur di hampir semua bagian dunia. Ada beberapa dikenal mekanisme aksi untuk menjelaskan efek kafein. Yang paling menonjol adalah bahwa hal itu reversibel blok aksi adenosine pada reseptor dan akibatnya mencegah timbulnya rasa kantuk yang disebabkan oleh adenosin. Kafein juga merangsang bagian-bagian tertentu dari sistem saraf otonom .

Kafein adalah pahit, putih kristal purin , sebuah methylxanthine alkaloid , dan secara kimiawi terkait dengan adenin dan guanin basis asam deoksiribonukleat (DNA) dan asam ribonukleat (RNA). Hal ini ditemukan dalam biji, kacang-kacangan, atau daun dari sejumlah tanaman asli Amerika Selatan dan Asia Timur dan menganugerahkan pada mereka beberapa kelangsungan hidup dan manfaat reproduksi. Sumber yang paling terkenal dari kafein adalah biji kopi , keliru untuk benih Coffea tanaman. Minuman yang mengandung kafein yang tertelan untuk meringankan atau mencegah rasa kantuk dan meningkatkan kinerja. Untuk membuat minuman ini, kafein diekstraksi dengan seduhan produk tanaman dalam air, proses yang disebut infus . Yang mengandung kafein minuman, seperti kopi , teh , dan cola , sangat populer; pada tahun 2005, 90% dari orang dewasa Amerika Utara mengkonsumsi kafein setiap hari.

Kafein dapat memiliki keduanya efek kesehatan yang positif dan negatif. Hal ini dapat digunakan untuk mengobati displasia bronkopulmoner prematuritas, dan untuk mencegah apnea prematuritas : sitrat kafein ditempatkan di WHO Model Daftar Obat Esensial pada tahun 2007. Ini mungkin memberi efek perlindungan sederhana terhadap beberapa penyakit, termasuk penyakit Parkinson dan beberapa jenis kanker. Satu meta-analisis menyimpulkan bahwa penyakit kardiovaskuler seperti penyakit arteri koroner dan stroke kurang mungkin dengan 3-5 cangkir non-kopi tanpa kafein per hari tetapi lebih cenderung dengan lebih dari 5 cangkir per hari. Beberapa orang mengalami susah tidur atau tidur gangguan jika mereka mengkonsumsi kafein, terutama selama jam malam, tetapi yang lain menunjukkan gangguan kecil. Bukti risiko selama kehamilan adalah samar-samar; beberapa pihak berwenang merekomendasikan bahwa wanita hamil membatasi konsumsi setara dengan dua cangkir kopi per hari atau kurang. Kafein dapat menghasilkan bentuk ringan dari ketergantungan obat – berhubungan dengan gejala penarikan seperti mengantuk, sakit kepala, dan lekas marah – ketika seorang individu berhenti menggunakan kafein setelah asupan harian diulang. Toleransi terhadap efek otonom dari peningkatan tekanan darah dan denyut jantung, dan peningkatan output urin, mengembangkan dengan penggunaan kronis (yaitu, gejala-gejala ini menjadi kurang jelas atau tidak terjadi setelah penggunaan konsisten). [18]

Kafein diklasifikasikan oleh Food and Drug Administration sebagai ” umumnya diakui sebagai aman ” (GRAS). dosis toksik, lebih dari 10 gram per hari untuk orang dewasa, jauh lebih tinggi dari dosis khas di bawah 500 miligram per hari. Secangkir kopi mengandung 80-175 mg kafein, tergantung pada apa yang “bean” (biji) digunakan dan bagaimana dipersiapkan (misalnya infus , perkolasi , atau espresso ). Oleh karena itu membutuhkan sekitar 50-100 cangkir biasa kopi untuk mencapai dosis yang mematikan. kafein bubuk namun murni, yang tersedia sebagai suplemen makanan, dapat mematikan dalam jumlah sendok berukuran.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: