Baja


Masih ingat tentang artikel badan sekuat baja? hehehe. Kata benda baja berasal dari Proto-Jermanik kata sifat stakhlijan (terbuat dari baja), yang terkait dengan stakhla (perusahaan berdiri).

Kandungan karbon dari baja antara 0,002% dan 2,1% berat untuk polos besi – karbon paduan . Nilai-nilai ini bervariasi tergantung pada elemen paduan seperti mangan , kromium , nikel , besi, tungsten , karbon dan sebagainya. Pada dasarnya, baja paduan besi-karbon yang tidak mengalami reaksi eutektik . Sebaliknya, besi cor tidak mengalami reaksi eutektik. Terlalu sedikit daun kandungan karbon (murni) besi cukup lembut, ulet, dan lemah. Kandungan karbon yang lebih tinggi daripada baja membuat paduan, biasa disebut pig iron , yang rapuh (tidak ditempa). Sedangkan besi paduan dengan karbon disebut baja karbon, baja paduan adalah baja yang elemen paduan lainnya telah sengaja ditambahkan untuk memodifikasi karakteristik baja. Elemen paduan umum termasuk: mangan, nikel, kromium, molibdenum , boron , titanium , vanadium , tungsten, cobalt , dan niobium. elemen lain yang juga penting dalam baja: fosfor, sulfur, silikon , dan jejak oksigen, nitrogen, dan tembaga, yang paling sering dianggap tidak diinginkan.

Paduan dengan kandungan karbon yang lebih tinggi dari 2,1%, tergantung pada konten elemen lainnya dan mungkin pengolahan, dikenal sebagai besi cor . Besi cor tidak ditempa bahkan ketika panas, tetapi dapat dibentuk oleh pengecoran karena memiliki lebih rendah titik leleh dari baja dan baik castability properti. komposisi tertentu dari besi cor, sementara tetap mempertahankan ekonomi mencair dan casting, bisa diperlakukan panas setelah pengecoran untuk membuat besi ditempa atau besi ulet benda. Baja juga dibedakan dari besi tempa (sekarang sebagian besar usang), yang mungkin mengandung sejumlah kecil karbon tetapi jumlah besar slag.

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s