Capsaisin? saudaranya capcai? :D


Pernah dengar senyawaan capsaisin? bukan saudaranya capcai yaaah.. hayo ada yang tahu? nah yap, ini adalah senyawaan yang merupakan komponen aktif dari cabai, baru tahu kaaaan?

Capsaicin,8-metil N -vanillyl-6-nonenamide, merupakan komponen aktif dari cabai  , yang tanaman genus Capsicum . Ini adalah iritan bagi mamalia, termasuk manusia, dan menghasilkan sensasi terbakar di setiap jaringan dengan yang datang ke dalam kontak. Capsaicin dan beberapa senyawa terkait disebut capsaicinoid dan diproduksi sebagai metabolit sekunder oleh cabai, mungkin sebagai pencegah terhadap mamalia dan jamur tertentu.  capsaicin Murni adalah stabil , hidrofobik, tidak berwarna, tidak berbau, senyawa lilin.

Senyawa ini pertama kali diekstrak dalam bentuk tidak murni pada tahun 1816 oleh Christian Friedrich Bucholz (1770-1818).  Ia menyebutnya “capsicin”, setelah genus Capsicum dari yang diekstraksi. John Clough Rontok (1850-1932), yang telah diisolasi capsaicin dalam bentuk hampir murni, memberikannya nama “capsaicin” pada tahun 1876.  Karl Micko capsaicin terisolasi dalam bentuk murni pada 1898.  komposisi kimia capsaicin ini pertama kali ditentukan oleh EK Nelson pada tahun 1919, yang juga sebagian dijelaskan struktur kimia capsaicin ini. capsaicin pertama kali disintesis pada tahun 1930 oleh Ernst Spath dan Stephen F. Darling. pada tahun 1961, zat serupa diisolasi dari cabai oleh ahli kimia Jepang S. Kosuge dan Y. Inagaki, yang bernama mereka capsaicinoid.

Pada tahun 1873 farmakolog Jerman Rudolf Buchheim (1820-1879) dan pada tahun 1878 dokter Hungaria Endre Hőgyes menyatakan bahwa “capsicol” (sebagian dimurnikan capsaicin) menyebabkan perasaan terbakar ketika kontak dengan membran mukosa dan peningkatan sekresi asam lambung

.

Iklan

One response to “Capsaisin? saudaranya capcai? :D

  1. Ping-balik: Capcaisin | Bisa Kimia·

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s