Skip to content
Iklan

Propelan… whusssss!


https://encrypted-tbn2.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcQS76lPcOTjJjQTQ7ZZdFFJQXZDrQJPxHuPMyteS3cMSkvBucOhng

Kalian tahu bahan bakar mobil dan kendaraan bermotor? Yup, ada bensin jenis premium, pertamax, dan pertalite juga solar. Pesawat? Dipakai avtur sebagai bahan bakar. Bagaimana dengan roket?


Roket memiliki bahan bakar yang disebut propelan.
Propelan adalah bahan kimia yang digunakan dalam produksi energi dan gas bertekanan yang digunakan untuk membuat gerakan fluida atau untuk menghasilkan propulsi kendaraan atau proyektil atau benda lain. Propelan umum adalah bahan energik dan terdiri dari bahan bakar, seperti bensin, bahan bakar jet, bahan bakar roket, dan oksidator. Propelan yang terbakar atau membusuk untuk menghasilkan gas propelan. Propelan lainnya hanya cairan yang mudah dapat menguap.

Propelan pada roket bukan hanya sebagai bahan bakar (fuel) tetapi juga sebagai penggerak.
Suatu reaksi pembakaran akan terjadi apabila ada bahan bakar (fuel),oxidizer (pengoksidasi),dan ignitor (penyalaan/api). Tanpa ketiganya, pembakaran tidak dapat berlangsung. Gabungan antara fuel dan oxidizer itulah dalam peroketan disebut propelan. Mesin motor,mesin mobil,mesin pesawat terbang menggunakan fuel yang berbeda tetapi menggunakan oxidizer yang sama yaitu oksigen dari alam. Untuk roket baik fuel maupun oxidizernya berbeda-beda. Jadi,suatu bahan bisa disebut propelan jika terdiri dari fuel dan oxidizer. Bensin bukan propelan tetapi fuel,jika bensin sudah digabung dengan oksigen barulah disebut propelan. propelan pada roket berbasis kimia dibagi menjadi tiga yaitu propelan padat,cair,dan hybrid. (sumber)

1. Propelan Padat
Propelan padat komposit dibuat berdasarkan hasil reaksi polimerisasi antara prepolimer HTPB (Hydroxy Terminated Polybutadiene) dengan IPDI (Isophorone Diisocyanate) semuanya dalam bentuk cair sebagai ful-binder, kemudian dicampur dengan oksidator Amonium Perklorat dan aditif bubuk Aluminium yang berbentuk padat.Dengan menggunakan metoda proses pembuatan tertentu, propelan kemudian dicetak dalam ukuran diameter 250 mm yang siap berfungsi
sebagai sumber energi untuk roket uji .Kinerja propelan ditunjukkan antara lain oleh Impul Spesifik dan kecepatan
pembakaran yang dihasilkannya.

2. Propelan Cair
Propelan ini hampir sebagian besar diaplikasikan pada roket peluncur baik peluncur satelit maupun manusia ke luar angkasa karena memiliki daya dorong yang lebih besar daripada roket padat. Kelebihan propelan ini adalah besar kecilnya thrust yang dihasilkan bisa diatur seperti kita memainkan gas pada motor,tetapiĀ  kelemahan propelan ini adalah biaya pembuatannya yang cukup mahal dan resiko ledakannnya tinggi.

Bagaimana kita tahu propelan apa yang dipakai oleh roket?
Ketika kita melihat roket yang sedang terbang,untuk mengetahui roket tersebut menggunakan bahan bakar padat atau cair kita bisa mengidentifikasi dengan dua cara yaitu melihat warna api dan asap yang dihasilkan. Api propelan padat pada umumnya berwarna kuning keputihan dan disertai banyak asap yang sangat pekat dan api pada propelan cair biasanya berwarna biru muda seperti api pada kompor gas dan tidak menghasilkan banyak asap.

Nah, beracunkah propelan?
Untuk propelan padat yang menggunakan alumunium sebagai fuel nya,pada umumnya tidak berbahaya bagi kesehatan manusia secara langsung,tetapi asap yang dihasilkan mengandung Hidrogen klorida yang mampu memicu terjadinya hujan asam yang dapat menyebabkan tanaman dan lingkungan menjadi rusak. Untuk itu ilmuwan roket di dunia sedang mengembangkan kombinasi propelan roket padat yang tidak beracun yaitu dengan menggunakan fuel Oxidizer ADN (Ammonium Dinitramida),HNF dan menggunakan Fuel Binder Poly (BAMMO) dan Poly (NIMMO). Sedangkan untuk propelan cair yang menggunakan ammoniak dan hydrazine sangatlah beracun jika terjadi kontak dengan manusia. Itu kenapa sekarang ilmuwan di dunia sedang mencari alternatif pengganti hydrazine dengan propelan LOX-LH2 yang lebih bersih dan aman.

Iklan

3 Comments »

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: