Baterai Listrik

File:Batteries.jpg

Familiarkan dengan gambar diatas? bagaimana kalau kita bahas tentang baterai? 😀

Baterai listrik adalah perangkat yang terdiri dari satu atau lebih elektrokimia sel dengan koneksi eksternal yang tersedia untuk perangkat listrik tenaga. Sebuah baterai pemakaian memiliki terminal positif, atau katoda , dan terminal negatif, atau anoda. Terminal ditandai negatif adalah sumber elektron yang ketika terhubung ke sirkuit eksternal akan mengalir dan memberikan energi ke perangkat eksternal. Ketika baterai terhubung ke sirkuit eksternal, elektrolit dapat bergerak sebagai ion dalam, yang memungkinkan reaksi kimia akan selesai pada terminal yang terpisah dan memberikan energi ke sirkuit eksternal. Ini adalah gerakan ion-ion di dalam baterai yang memungkinkan arus mengalir dari baterai untuk melakukan pekerjaan. Secara historis istilah “baterai” khusus disebut perangkat terdiri dari beberapa sel, namun penggunaan telah berkembang untuk tambahan mencakup perangkat terdiri dari satu sel.

Primer (digunakan tunggal atau “sekali pakai”) baterai yang digunakan sekali dan dibuang; bahan elektroda yang ireversibel berubah selama debit. Contoh umum adalah baterai alkaline digunakan untuk senter . Dan banyak perangkat portable Menengah ( baterai isi ulang ) dapat dibuang dan diisi ulang beberapa kali; komposisi asli dari elektroda dapat dikembalikan dengan arus balik. Contohnya termasuk baterai timbal-asam yang digunakan dalam kendaraan dan lithium-ion baterai yang digunakan untuk elektronik portabel.

Baterai datang dalam berbagai bentuk dan ukuran, dari sel miniatur digunakan untuk daya alat bantu dengar dan jam tangan untuk bank baterai ukuran kamar yang memberikan daya siaga untuk pertukaran telepon dan komputer pusat data .

Menurut perkiraan tahun 2005, industri baterai seluruh dunia menghasilkan US $ 48 miliar dalam penjualan setiap tahun, dengan 6% pertumbuhan tahunan.

Baterai memiliki jauh lebih rendah energi spesifik (energi per satuan massa) dari umum bahan bakar seperti bensin. Hal ini agak diimbangi dengan efisiensi yang lebih tinggi dari motor listrik dalam memproduksi kerja mekanik, dibandingkan dengan mesin pembakaran.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.