Vitamin


https://encrypted-tbn3.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcTEUr0Nn8yLdxSsfwmgivnIowSqDD6fhemcgRSIz_nQpJoH0voa

Sudah familiarkan dengan nama ini? yap mari kita bahas apa itu vitamin, apa saja sih vitamin? bagaimana rumus kimianya? apa fungsinya? terdapat dimana saja? bagaimana bila kekurangan? hmmm ada yang mau kasih ide? 🙂

vitamin adalah senyawa organik dan penting nutrisi bahwa organisme membutuhkan dalam jumlah yang terbatas. Sebuah senyawa kimia organik (atau set terkait senyawa) disebut vitamin ketika organisme tidak dapat mensintesis senyawa dalam jumlah yang cukup, dan itu harus diperoleh melalui diet; dengan demikian, istilah “vitamin” adalah tergantung pada keadaan dan organisme tertentu. Misalnya, asam askorbat (salah satu bentuk vitamin C ) adalah vitamin bagi manusia, tetapi tidak untuk kebanyakan organisme hewan lain. Suplementasi penting untuk pengobatan masalah kesehatan tertentu, tetapi ada sedikit bukti manfaat gizi bila digunakan oleh orang sehat. (sumber)

Nama ini berasal dari gabungan kata bahasa Latin vita yang artinya “hidup” dan amina (amine) yang mengacu pada suatu gugus organik yang memiliki atom nitrogen (N), karena pada awalnya vitamin dianggap demikian. Kelak diketahui bahwa banyak vitamin yang sama sekali tidak memiliki atom N. Dipandang dari sisi enzimologi (ilmu tentang enzim), vitamin adalah kofaktor dalam reaksi kimia yang dikatalisasi oleh enzim. Pada dasarnya, senyawa vitamin ini digunakan tubuh untuk dapat bertumbuh dan berkembang secara normal. (sumber)

Vitamin memiliki fungsi biokimia beragam. Beberapa, seperti vitamin D , memiliki fungsi hormon-seperti regulator metabolisme mineral, atau regulator pertumbuhan sel dan jaringan dan diferensiasi (seperti beberapa bentuk vitamin A). Lainnya berfungsi sebagai antioksidan (misalnya, vitamin E dan kadang-kadang vitamin C ). Jumlah terbesar dari vitamin, yang B kompleks vitamin, berfungsi sebagai enzim kofaktor ( koenzim ) atau prekursor bagi mereka; koenzim membantu enzim dalam pekerjaan mereka sebagai katalis dalam metabolisme . Dalam peran ini, vitamin dapat erat terikat enzim sebagai bagian dari kelompok prostetik : Misalnya, biotin adalah bagian dari enzim yang terlibat dalam pembuatan asam lemak . Mereka juga dapat kurang erat terikat enzim katalis sebagai koenzim, molekul dilepas yang berfungsi untuk membawa kelompok kimia atau elektron antara molekul. Misalnya, asam folat dapat membawa metil , formil , dan metilen kelompok dalam sel. Meskipun peran ini dalam membantu reaksi enzim-substrat yang fungsi vitamin ‘paling terkenal, fungsi vitamin lain yang sama pentingnya.

Terdapat 13 jenis vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh untuk dapat bertumbuh dan berkembang dengan baik. Vitamin tersebut antara lain…. ada yang tahu? dilanjut diartikel erikutnya yaaah? 🙂

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s