Nyala logam?

https://encrypted-tbn2.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcSmc5BhmQV-RhJXxvGD4pq2G5bC_qLw4ZwMxOLN869pt3MoWKZD

Natrium? Kalium? Tembaga? Besi? hmmm kalian tentu tahu dong nama-nama logam tersebut.. dan tentunya bukan hanya itu saja logam yang ada eksis di bumi ini iya kan? nah pernah kalian coba membakar dan meliat warna nyalanya?

Yap, setiap logam memiliki warna nyala yang spesifik, sehingga warna nyala ini sering kali dijadikan untuk uji kualitatif terhadap logam.

https://i2.wp.com/www.compoundchem.com/wp-content/uploads/2014/02/Metal-Ion-Flame-Tests.png?w=1540

 

Pada gambar diatas dapat kita liahat berbagai macam logam beserta nyalanya,, sudah lihat?

nah mengapa logam-logam ini bisa memberika nyala? jawabnya adalah ketika logam tersebut dipanaskan, elektron terluar akan menyerap energi dari panas yang diberikan. setelah energi itu diserap, energi tersebut akan digunakan untuk melewati kulit yang lebih luar oleh elektron. setelah elektron tersebut sampai, elektron tersebut akan kembali lagi pada kulit sebelumnya. Nah pada saat proses kembali tersebut lah elektron mengeluarkan emisi atau yang kita lihat sebagai cahaya yang berwarna.

lalu kenapa tiap logam berbeda?

yap tepat sekali, tiap logam memiliki tingkat elektron yang berbeda sehingga berbeda pula tingkatan energinya, dan tentunya cahaya yang dilepaspun akan berbeda. hmmm mungkin akan bosan bila hanya teori saja,, ok mari kita cek video berikut.

nah sudah lihatkan? sudah pernah mencoba? jangan lupa selalu hati-hati bila ingin mempraktikannya yah dan pastikan didampingi oleh tim ahli 😉

 

 

 

2 thoughts on “Nyala logam?

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.