Pernah makan fitosterol?

https://i0.wp.com/upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/thumb/8/8d/Ergosterol.svg/500px-Ergosterol.svg.png?w=1540&ssl=1

Sumber gambar

Apa sih Fitosterol?

Fitosterol merupakan zat dari pembentukan steroida dengan kata lain bahwa fitosterol merupakan bahan alami yang berasal pada tanaman serta memiliki susunan struktur yang sama dengan kolesterol, akan tetapi fitosterol mengandung gugus etil pada rantai cabangnya. Pada tanaman fitosterol ini memiliki lebih dari 40 senyawa sterol yang paling mendominasi adalah tiga bentuk utama dari fitosterol, yaitu beta-sitosterol, campesterol, dan stigmasterol.

mmmm ada terdapat dimana yaaah?

Pada tanaman rata-rata yang dibutuhkan fitosterol per hari untuk memenuhi kebutuhan kesehatan adalah adalah 150-400 mg fitosterol dengan kadar fitosterol di dalam darah berkisar 0,3-1,7 mg/dl. Sehingga boleh dikatakan bahwa jumlah yang efektif dapat menurunkan penyerapan kolesterol yang berasal dari makanan.

apa coba fungsinya?
Telah dijelaskan diatas bahwa Fitosterol terdapat pada tanaman yang mempunyai fungsi untuk (1) menurunkan kadar kolesterol dalam darah serta dapat mencegah penyakit jantung sehingga zat ini sangat bermanfaat bagi kesehatan manusia, (2) meningkatkan kekebalan tubuh (3) dapat memperbaiki regulasi kolesterol darah pada tingkat normal, (4) secara klinis bahwa fitosterol dalam penggunakan makanan telah difortifikasi fitosterol yang dapat menurunkan kadar kolesterol terutama pada penderita hiperkolesterolemia, dengan cara mengkonsumsi 2-3 gram sehari yang diperoleh dari makanan yang mengandung difortifikasi fitosterol. (5) dapat mencegah kangker, Fungsi lain daripada Fitosterol ini adalah untuk membuang kolesterol jahat yang menyumbat pada pembuluh darah dan menggiringnya kembali ke wilayah hati untuk diproses dan dihilangkan, dia juga berfungsi untuk mencegah kolesterol jahat yang mengendap, serta melindungi dari pada terbentuknya plak pada dinding pembuluh darah.

Dari deskripsi diatas, maka dapat disimpulkan bahwa secara alami fitosterol dapat ditemukan di berbagai makanan, seperti kacang-kacangan, makanan olahan laut, avokad hingga santan, kedelai, tempe, gandum, minyak zaitun, margarine. Santan menurut mitos mempunyai kandungan kolesterol yang sangat baik bagi kesehatan, yang biasanya santan tersebut dapat diolah pada makanan ringan atau jajanan pasar sebagai pelengkap.

naaah jadi kalau makan gunakan variasi diatas yaa,, biar sehat kaya Pak Bodan.. *maknyuuuus 😀

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.